Kesehatan Wanita: Keputihan Bau tak Sedap

haid yang aneh

Keputihan Bau tak Sedap

Pertanyaan:

Halo, saya perempuan dan umurnya 12 tahun. Sudah lebih dari setengah tahun, keputihan yang keluar setelah dan sebelum haid berwarna kekuningan, berbau tidak sedap, namun tidak gatal. Selama ini saya belum menggunakan obat untuk mengatasi hal tersebut. Bagaimana cara menanganinya?

Jawaban:

Keputihan dalam istilah kedokteran disebut fluor albus, cairan ini diproduksi oleh vagina. Normalnya cairan tersebut berwana bening cenderung ke putih, tidak berbau, tidak gatal dan tidak nyeri. Gejala itu bisa dikatakan abnormal atau keputihan jika mengalami perubahan warna, bau dan menimbulkan rasa tidak nyaman seperti gatal.

Masa setengah tahun lebih itu cukup lama, seharusnya diobati karena berbahaya jika dibiarkan cukup lama, karena infeksi akan bisa tabah besar dan menyebar di organ sekitar.

Kami sarankan anda segera memeriksakan diri untuk mengentahui jenis infeksi keputihan, apakah disebabkan oleh bakteri, jamur atau protozoa. Sehingga terapinya bisa dilakukan.

Berikut cara untuk mengatasi keputihan.

  • Selalu menjaga kebersihan organ intim,¬† membasuhnya dengan cara yang benar, yaitu dari arah depan ke belakang.
  • Menggunakan celana dalam dari bahan katun dan mudah menyerap keringat.
  • Jangan gunakan sabun mandi atau pembersih vagina yang bersifat antiseptik, lebih baik dengan air yang mengalir.
  • Sebaiknya menghindari mandi berendam dengan air panas atau hangat, karena jamur lebih mudah tumbuh di kondisi yang hangat.
  • Jika sudah parah, menggangu, sangat berbau dan sangat gatal¬† segera periksa ke dokter. Anda mungkin akan mendapatkan obat anti jamur atau antibakteri.

Dijawab oleh: dr. Raehanul Bahraen (Alumni Fakultas Kedokteran UGM, sedang menempuh spesialis patologi klinik di Fakultas Kedokteran UGM)

Artikel ini didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial
  • Keterangan lebih lengkap: Peluang Menjadi Sponsor dan Donatur