Cara Menghilangkan Kantung Mata

2753

Bawah Mata Hitam

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum Dokter.

Bagaimana cara menghilangkan kantung mata di bawah mata yang berwarna hitam disebabkan kurang tidur ataupun penyebab lainnya?

Dari: Mulya

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullaahi wabarokatuh.

Terima kasih atas pertanyaan yang Saudara berikan kepada kami.

Timbulnya ‘kantung mata’, yakni semacam daerah yang tampak sembap atau lebih gelap di bawah mata, disebabkan oleh terkumpulnya cairan dibawah mata. Keluhan ini cukup banyak dialami baik pria maupun wanita, dan pada dasarnya tidak berpengaruh pada kesehatan tubuh, kecuali jika telah ada penyakit yang mendasari sebelumnya, seperti kekurangan hormon tiroid atau penyakit ginjal. Timbulnya kantung mata ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya:

– Alergi kronis dan musiman

– Pilek

– Infeksi sinus

– Banyak mengeluarkan air mata atau mengkonsumsi makan malam dengan kadar garam tinggi malam sebelumnya, menyebabkan kantung mata timbul keesokan harinya.

– Kurang tidur

– Posisi tidur yang buruk seperti tidur dengan telungkup

– Terlalu sering mengucek mata

– Tidur dengan riasan wajah lengkap

Cara mengatasinya adalah dengan mengatasi penyebabnya. Jika penyebabnya adalah alergi, atau hidung tersumbat saat pilek maupun infeksi sinus, maka disarankan mengkonsumsi obat-obatan yang sesuai dengan keluhan tersebut berdasarkan anjuran dokter. Jika penyebabnya adalah kurang istirahat, maka memperbaiki jadwal istirahat adalah solusinya. Begitu pula menghindari posisi tidur telungkup, dan seterusnya. Disarankan pula bagi mereka yang bermasalah dengan kantung mata untuk mengatasinya dengan segera, sebab kontur kantung mata yang terus menerus dapat menjadi permanen dalam beberapa tahun.

Semoga bermanfaat.

Dijawab oleh dr. Hafidz (Pengasuh Rubrik Kesehatan KonsultasiSyariah.com)

Artikel ini didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial
  • Keterangan lebih lengkap: Peluang Menjadi Sponsor dan Donatur
SHARE
Previous articleMembedakan Radang Lambung dengan Maag
Next articleKadar Lekosit Tinggi
dr. Hafidz, salah satu pembina konsultasi kesehatan di situs KonsultasiSyariah.com Beliau adalah alumni fakultas kedokteran UGM, dan saat ini sedang menyelesaikan Pendidikan Dokter Spesialis jantung dan pembuluh darah.