KB Tanpa Efek Samping

suntik kb

KB Tanpa Efek samping

Pertanyaan:

Assalamalaykum, ustad saya seorang kepala keluarga, setelah kelahiran anak saya yg pertama istri saya memutuskan untuk KB, KB yang tidak ada efek samping itu dengan suntik atau Dengan obatan?

Dari: Hnv

Jawaban:

KB suntik dan obat KB ada efek sampingnya, dan semua obat dan terapi pasti ada efek sampingnya. Hanya saja bebeda-beda pada setiap orang dan penggunaannya. Dan setiap yang efek sampingnya berbahaya , dalam ilmu kedokteran terapi atau obat itu tidak dipakai. Secara umum efek samping suntik dan obat/pil KB tidak membahayakan dengan bahaya berat bagi tubuh. Karena belum ada bukti atau penelitian yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah mengenai hal ini. Masih hanya berupa hipotesis saja,

Memang yang lebih selamat adalah menggunakan KB alami. Yaitu kombinasi metode penanggalan, metode ‘azl (coitus interuptus, mencabut sebelum ejakulasi) atau dengan kondom (jika suami tidak mampu menahan dan mengendalikan).
Berikut cara ringkasnya:

Untuk metode penanggalan Yaitu mengetahui masa subur istri. Masa subur istri adalah 14 hari setelah hari pertama menstruasi. Masa subur adalah dimana ovum/sel telur wanita telah matang dan siap untuk dibuahi. Para ahli mengambil kemungkinan empat hari sesudah ataupun sebelumnya bisa terjadi masa subur.

Metode KB dengan penanggalan yaitu jangan menumpahkan sperma kedalam rahim saat masa subur.

Misalnya:

Hari pertama menstruasi adalah tanggal 1 oktober. Maka perkiraan tanggal suburnya adalah tanggal 14, berpatokan dengan maka empat hari sebelum dan sesudahnya. Jangan menumpahkan sperma ke dalam rahim pada dari tanggal 10-18 oktober. Jika menstruasi berhenti pada tanggal 7 Oktober,

Berarti waktu yang boleh:
-tanggal 8-9 Oktober kita boleh menumpahkan sperma ke rahim
-tanggal 19 Oktober sampai dengan menstruasi selanjutnya.

Untuk jaga-jaga bisa juga dipakai lima hari sebelum dan sesudahnya. Dan biasanya 1 atau 2 hari setelah mentruasi adalah waktu yang aman.

Bisa juga dibantu menggunakan kalender dengan menandai/membulatkan tanggal hari mulai menstruasi misalnya tanggal 5 Oktober, maka perkiraan hari subur adalah tanggal 19. Empat hari sebelum dan sesudah berarti tanggal 15-23 Oktober. Maka arsir merah atau tandai deretan tanggal tersebut di kalender dan menjadi patokan bahwa rentang tanggal tersebut tidak boleh menumpahkan sperma ke rahim.
Pada masa subur silahkan menggunakan metode ‘azl (coitus interuptus) atau dengan kondom

CATATAN: metode penanggalan hanya bisa dipakai bagi wanita yang menstruasinya teratur

Untuk selebihnya anda bisa berkonsultasi dengan dokter, apa KB etrbaik untuk istri anda. Karena akan disesuaikan dengan keadaan dan kondisi istri. Sebagai tambahan referensi silahkan baca: Cara “KB” Yang Mudah Dan Sederhana Yang Sesuai Syariat -Insya Allah-

Dijawab oleh: dr. Raehanul Bahraen (Alumni Fakultas Kedokteran UGM, sedang menempuh spesialis patologi klinik di Fakultas Kedokteran UGM)

Artikel ini didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial
  • Keterangan lebih lengkap: Peluang Menjadi Sponsor dan Donatur