Cara Mengobati Sakit Asma

3616
sakit asma pada anak

 

 

Pengobatan Asma

Assalamualaikum…ana mau tanya tentang asma,apakah asma dpt di smbuhkan,trs apa nm obt’y dan dmn ana bs dptkan obt tersbut??

Atas jwbn’y ana ucapkan jazakumulloh khoir

Dari: Acep D.

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarokatuh.

Terima kasih atas pertanyaan yang diberikan kepada kami.

Penyakit asma didefinisikan sebagai suatu peradangan jalan nafas yang luas, yang disebabkan oleh berbagai macam jenis stimulus, yang mengakibatkan pengerutan bronkus yang reversibel (dapat kembali ke keadaan sebelumnya). Gejala dan tandanya meliputi kesulitan bernafas, rasa sesak di dada, batuk, dan mengi. Penyakit ini tergolong penyakit yang kronis. Pada beberapa pasien, khususnya pasien anak, penyakit asma masih dapat sembuh total, meskipun sebagian besar -bahkan umumnya- penderita dapat mengalami kekambuhan sewaktu-waktu, sehingga tidak dapat dikategorikan sembuh total.

Pengobatan untuk penyakit asma yang utama adalah menghindari pencetus, kemudian setelahnya dengan agen farmakologis, yang terdiri dari berbagai macam jenis, disesuaikan dengan derajat keparahan asma, terkontrol tidaknya, usia pasien, dan responnya terhadap obat. Oleh karena itu, obat pada penyakit asma tidak dapat sembarangan digunakan, karena bersifat individual untuk tiap pasien sesuai kondisinya. Diantara jenis-jenisnya adalah bronkodilator, misalnya dari golongan agonis beta (salmeterol, albuterol), kortikosteroid (contoh: beclamethasone), antikolinergik (ipratropium, dll), metilxantin (teofilin), dll. Obat-obatan tersebut umumnya dapat ditemukan di apotik-apotik, khususnya apotik besar atau apotik rumah sakit, namun pada dasarnya harus dengan resep dokter, karena efek samping yang mungkin timbul jika digunakan tanpa peresepan yang benar.

Semoga bermanfaat.

Dijawab oleh dr. Hafid N (Pengasuh Rubrik Kesehatan KonsultasiSyariah.com)

Artikel ini didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial
  • Keterangan lebih lengkap: Peluang Menjadi Sponsor dan Donatur