Bolehkah Herbal Habbatsaudah Diteteskan ke Mata?

2294

Habbatsaudah diteteskan ke Mata

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Semoga Dokter selalu dalam naungan Rahmat Allah Ta’ala Dokter ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan..

1. Bolehkah Habbasaudah Minyak di jadikan terapi tetes mata? Amankah?

2. Kalau saya merasakan saat minum Habbatsaudah minyak langsung (tanpa madu/air) terasa getir dan sedikit panas nyer-nyeran di
tenggorokan..apakah itu reaksi normal? Apakah itu rasa asli Habbassaudah minyak?

Sekian , terima kasih atas waktu dan kesediaannya menjawab.

Dari: Selamet Syahril

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarokatuh.

Terima kasih atas pertanyaan yang Saudara berikan kepada kami.

Penggunaan habbatussauda’ telah lama dikenal luas dapat menyembuhkan atau membantu penyembuhan berbagai jenis penyakit. Diantara jenis penyakit yang telah terbukti dalam beberapa penelitian memperoleh perbaikan dengan konsumsi rutin habbatussauda’ adalah diabetes mellitus, hipertensi, hiperkolesterol, tumor, dan beberapa penyakit saluran cerna.

Terkait dengan pertanyaan Saudara, sedikit penjelasan yang dapat kami sampaikan:

1. Minyak habbatussauda’ sebagai terapi tetes mata. Sepengetahuan kami, belum ada penelitian ilmiah yang memuaskan mengenai kegunaan minyak habbatussauda’ sebagai obat tetes mata, dengan tujuan menyembuhkan penyakit seperti mata rabun, infeksi mata, dsb. Terdapat beberapa sumber yang memberikan saran pengobatan yang bersifat empiris, seperti mengoleskan minyak habbat di bagian dalam kelopak mata sebelum tidur, dsb, namun seluruhnya belum kami dapati bukti ilmiah yang menjamin keamanan dan keefektifannya, serta apakah dosis yang sama dapat berlaku bagi semua orang. Disamping itu, perlu kita ingat bahwa minyak habbat mengandung konsentrasi zat-zat aktif yang lebih pekat dibanding bijinya, sehingga penggunaannya pun harus lebih hati-hati, terlebih pada penggunaan langsung pada organ seperti pada mata. Berdasarkan pertimbangan tersebut, untuk saat ini, kami berpendapat lebih baik tidak menggunakan minyak habbatussauda’ sebagai obat tetes mata, sampai benar-benar diketahui keamanan dan keefektifan serta dosis yang sesuai untuk masing-masing jenis keluhan kesehatan mata yang ingin disembuhkan.

2. Rasa sedikit panas dan mungkin sedikit ‘menggigit’ yang dirasakan setelah mengkonsumsi minyak habbatussauda’ merupakan reaksi yang normal, mengingat konsentrasi zat-zat aktif seperti volatil oil pada minyak jauh lebih pekat dibanding pada serbuk habbat. Beberapa orang mungkin merasakannya dalam tingkat yang berbeda-beda, tergantung kepekaan terhadap rasa.

Demikian penjelasan kami, semoga Allah Ta’ala senantiasa menganugerahkan kesehatan bagi Bapak dan keluarga.

Dijawab oleh dr. Hafid N (Pengasuh Rubrik Kesehatan KonsultasiSyariah.com)

Artikel ini didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial
  • Keterangan lebih lengkap: Peluang Menjadi Sponsor dan Donatur

 

SHARE
Previous articleCara Penggunaan Minyak Habbatussauda
Next articleBenjolan pada Kemaluan Bayi
dr. Hafidz, salah satu pembina konsultasi kesehatan di situs KonsultasiSyariah.com Beliau adalah alumni fakultas kedokteran UGM, dan saat ini sedang menyelesaikan Pendidikan Dokter Spesialis jantung dan pembuluh darah.