Bercak Putih Pada Kulit dan Tidak Gatal

31608
obat panu

Sakit Kulit dan Obatnya

Assalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh, Mohon bantuan nya Dok, terhadap penyakit kulit yg ana derita saat ini. kalau memang ada obat oles atau obat dalam nya, mohon kiranya diberikan resepnya Dok.

Sebelumnya ana sdh kirimkan ke alamat email tanya@konsultasisyariah.com ; Lampiran File berisi Foto lidah, foto
lengan samping1, foto lengan samping2, badan belakang, badan depan.

Nama ana Sn., Alamat dan No Telepon: [Rahasia, red]

Umur dan jenis kelamin : 29 tahun / laki-laki (sudah menikah dan punya anak), Pekerjaan: Karyawan swasta (bekerja di kantor dan bukan pekerja berat)

Riwayat penyakit : Dari semenjak sekolah SMA sampai saat ini kulit di badan bercak-bercak putih seperti panu, akan tetapi bukan panu.
Alhamdulillah anak ana kulitnya bagus dan tidak seperti ana. Alhamdulillah kebersihan badan ana selalu ana jaga. 

Keluhan : Bercak-bercak putih di badan melebar dan banyak, akan tetapi tidak gatal, Pernah waktu itu hanya sebentar saja ana kasi obat panu seperti cairan cap kaki tiga, ketokonazole oles atau tablet dll tidak ada reaksi apa-apa. Karena penyakit kulit ini tidak ada reaksi gatal maka ana biarkan begitu saja sampai sekarang ini.

Pertanyaan : Apakah penyebab dari penyakit kulit yg ana alami ini Dok? Apakah bisa sembuh? Kalau memang ada obat oles atau obat dalam nya, mohon kiranya diberikan resepnya Dok.

Jazakumullohu Khoir.

Jawaban:

Wa’alaikumussalaam warahmatullaahi wabarokaatuh.

Sebelumnya kami haturkan terima kasih atas kepercayaan Bapak berkonsultasi kepada tim kesehatan Konsultasi Syariah ini, juga atas kesediaan Bapak memberikan keterangan tambahan yang cukup membantu.

Kondisi timbulnya bercak putih pada kulit yang Bapak alami memiliki beberapa kemungkinan, diantaranya yang menurut kami cukup mungkin adalah tinea versicolor (sering juga disebut panu), pityriasis alba, dan vitiligo, karena ketiganya memiliki karakteristik fisik yang sepintas mirip, kecuali untuk vitiligo dimana bercak putih tampak sangat jelas dan kontras dengan area kulit lainnya.

Tinea versicolor atau panu yang disebabkan oleh jamur, lebih sering terjadi pada dewasa dan melibatkan area seperti batang tubuh, leher, dada, perut, kadang wajah. Gejalanya bisa berupa gatal, namun tak jarang juga tanpa gejala lain selain timbul area bercak-bercak bersisik halus dengan warna bervariasi, mulai dari putih hingga pink. Untuk konfirmasi pemeriksaannya diperlukan pengambilan sampel dari kulit atau pemeriksaan fisik menggunakan lampu sinar woods. Jika dipastikan bahwa bercak tersebut adalah tinea versicolor, maka obat pilihannya adalah antijamur, baik yang berupa salep (misalnya ketokonazole salep 2% selama 2 minggu berturut-turut) maupun obat minum, sesuai dengan luasnya daerah yang perlu diobati dan kekerapan kambuhnya (penyakit ini cenderung mudah kambuh kembali). Perlu diketahui bahwa bekas bercak yang timbul akibat infeksi jamur ini dapat menghilang dalam beberapa bulan hingga tahun setelah infeksi teratasi.

Adapun pityriasis alba, merupakan jenis penyakit yang lebih sering dialami oleh anak kecil dan remaja, dengan penyebab yang belum diketahui dengan pasti. Penyakit ini dicirikan oleh bercak yang cenderung bulat atau oval, pada awalnya sedikit timbul dan kemerahan, kemudian mereda dan meninggalkan bekas putih pucat (hipopigmentasi) pada kulit, yang akan perlahan-lahan membaik dengan sendirinya seiring dengan regenerasi kulit, meski dapat berlangsung selama betahun-tahun. Bekerja pada cuaca yang ekstrim, udara panas, pakaian yang abrasif, merokok, dan stress, diduga dapat menyebabkan timbulnya penyakit ini pada dewasa. Pemeriksaannya mirip dengan pemeriksaan sampel kulit biasa, dan dikonfirmasi positif jika tidak ditemukan organisme lain yang mungkin menyebabkan bercak, seperti jamur. Pada dasarnya tidak diperlukan pengobatan khusus, namun beberapa literatur menyarankan pemakaian krim kortikosteroid pada awal timbulnya bercak, atau terapi sinar UV.

Kami dapat sampaikan bahwa pada dasarnya kondisi penyakit kulit yang Bapak alami tidak membahayakan, meskipun mengganggu secara penampilan, namun untuk mengetahui lebih jelas penyebabnya, juga terapi yang sesuai, tetap diperlukan pemeriksaan dokter, seperti dokter spesialis kulit dan kelamin. Hal ini kami sarankan khususnya jika bercak yang ada semakin meluas.

Semoga Allah Ta’ala memberikan kesembuhan dan menjaga Bapak beserta keluarga.

Dijawab oleh dr. Hafid N (Pengasuh Rubrik Kesehatan KonsultasiSyariah.com)

Artikel ini didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial
  • Keterangan lebih lengkap: Peluang Menjadi Sponsor dan Donatur