Pencegahan Penyakit Alzheimer

4815
obat sakit

Penyakit Alzaimer

Assalamualaikum..

Saya mw bertanya tentang pencegahan penyakit alzaimer..

Beberapa sumber mengatakan salah satu pencegahnya adalah dengan mengkonsumsi sayur dan buah yang memiliki vitamin E tinggi..
Pertanyaan saya, bagaimana jika mengkonsumsi suplemen makanan vit E langsung? apakah sama khasiatnya dalam pencegahan alzaimer?

Terima kasih.

Wassalamualaikum.

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarokatuh.

Terima kasih atas pertanyaan yang Saudara berikan kepada kami.

Penyakit Alzheimer adalah penyakit degeneratif yang menyerang otak, menyebabkan kerusakan progresif pada berbagai area otak sehingga menyebabkan kualitas hidup penderitanya terus menurun dari waktu ke waktu. Peranan vitamin E dalam pencegahan penyakit ini memang diklaim oleh beberapa sumber, namun bukti yang ada masih belum dapat menunjukkan dengan pasti peran positif vitamin E dalam pencegahan penyakit Alzheimer.

Namun demikian, terlepas dari peranan vitamin E dalam pencegahan Alzheimer, konsumsi vitamin E untuk berbagai macam tujuan, seperti menjaga kesehatan kulit, dll, sebaiknya dilakukan dengan mengkonsumsi makanan segar sumber vitamin E itu sendiri, dalam bentuk diet yang bervariasi dan sehat. Suplemen vitamin E hanya dianjurkan bagi orang-orang dengan diet yang sangat kurang akan sumber vitamin E. Hal ini disebabkan jumlah sebenarnya dari penderita kekurangan vitamin E sangatlah sedikit, dan adanya bukti yang menunjukkan bahwa konsumsi vitamin E dosis minimal 400 IU perhari, khususnya jangka panjang, dapat meningkatkan risiko terkena stroke, juga meningkatkan jumlah kematian oleh berbagai sebab lainnya. Oleh sebab itu, vitamin E dari sumber alami lebih baik untuk dikonsumsi sehari-hari, dan kalaupun membutuhkan suplemen, sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Semoga bermanfaat.

Dijawab oleh dr. Hafid N (Pengasuh Rubrik Kesehatan KonsultasiSyariah.com)

Artikel ini didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial
  • Keterangan lebih lengkap: Peluang Menjadi Sponsor dan Donatur