Badan Panas Berbulan-bulan

suhu badan panas

Badan Panas

Pertanyaan:

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Dok saya nurma usia 16 tahun, setiap hari saya merasa badan saya panas dok, selama berbulan – bulan, setelah saya cek ke badan teman teman sepermainan kata mereka badan mereka yang panas, tapi pernah suatu kali ada teman yang tidak sengaja menyentuh saya dan bilang badan saya panas banget dok, padahal gak sakit apa-apa. ini bagaimana dok?

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wa barakatuh

Perlu anda ketahui bahwa untuk mengetahui pasti badan sedang panas atau demam, maka harus diukur dengan thermometer dan diukur pada tempat-tempat yang suhunya tidak dipengaruhi oleh udara/cuaca luar misalnya di ketiak, mulut dan rektal/anus.

Suhu normal tubuh kita yaitu antara 36.5-37.2 ˚C. Demam terjadi jika suhu >37.2 ˚C (atau 37,5) dan disebut demam sangat tinggi/hiperpireksia jika suhu ≥41.2 ˚C. Dan ada perbedaan suhu di oral, aksila (ketiak), dan rectal sekitar 0.5 ˚C di mana suhu rectal lebih tinggi dari suhu oral dan suhu oral lebih tinggi dari suhu aksila (ketiak).

cobalah anda mengukur suhu tubuh anda ketika anda merasakan panas, jika benar-benar demam dan dipastikan dengan termometer. Anda bisa melihat tipe demam anda. Berikut berbagai tipe demam:

  1. Demam Remiten, suhu bisa saja turun setiap hari tetapi tidak mencapai suhu normal.
  2. Demam Intermiten, suhu bisa turun selama beberapa jam dalam sehari dan bisa terjadi berulang-ulang.
  3. Demam Septik, suhu badan naik sekali terutama pada malam hari, sedangkan pagi atau siang masih normal atau turun
  4. Demam Belum Terdiagnosis, sering demam terus-menerus selama 3 minggu dengan suhu badan lebih dari 38.3 ˚C. Akan tetapi penyebabnya masih sulit ditentukan dan perlu pemeriksaan yang intensif.

Atau mungkin bisa jadi sebab yang lain, misalnya kelabihan hormon tiroid (hipertiroid) yang membuat anda sering berkeringat, merasa gerah dan tubuh perlahan-lahan jadi kurus.

Saran kami, sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter jika perlu memeriksakan laboratorium darah agar diketuhui penyebabnya jika memang anda benar-benar demam.

Dijawab oleh: dr. Raehanul Bahraen (Alumni Fakultas Kedokteran UGM, sedang menempuh spesialis patologi klinik di Fakultas Kedokteran UGM)

Artikel ini didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial
  • Keterangan lebih lengkap: Peluang Menjadi Sponsor dan Donatur