Hymen Robek Akibat Terjatuh Dari Sepeda

4959
gambar selaput dara

Hymen Berdarah Saat Jatuh dari Sepeda

Assamualaikum. Begini, dulu teman saya pernah cerita. Sewaktu dia kelas 7 smp, dan sudah menstruasi, vaginanya terbentur dengan rahang sepeda, saat itu pula dia merasakan sakit dan dia langsung ke kamar mandi. Setelah dilihat, ada beberapa tetesan darah dan itu berlangsung sekitar 1-1.5 jam. Dia juga merasakan perih untuk beberapa hari. Apakah hymenya robek atau rusak? Atau mungkin itu hanya robekan kecil di bibir vagina? Teman saya menyuruh saya bertanya karna dia juga bingung, ingin tanya langsung tapi tidak berani 🙂 terima kasih.
Wassalamualaikum

Dari: Ern.

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarokatuh.

Keluarnya darah setelah benturan pada daerah vagina dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya:

  • Robekan pada selaput dara/hymen. Darah akibat robekan pada hymen biasanya sangat sedikit, dan berwarna merah terang.
  • Robekan pada dinding labia minor atau pada labia mayor. Darah akibat robekan pada labia minor maupun mayor biasanya lebih banyak dan warnanya juga merah terang. Tampak pula luka yang jelas pada pemeriksaan luar.
  • Robekan atau luka pada dinding organ genital bagian dalam, meskipun pada trauma seperti yang Saudara sebutkan pendarahan tipe ini jarang karena posisi organ dalam tidak terkena benturan langsung.

Terkadang, meskipun luka kecil pada labia minor atau mayor, darah yang keluar tampak cukup banyak karena daerah genital merupakan daerah yang kaya akan suplai pembuluh darah. Untuk mengetahui pasti dari mana asal darah tersebut, diperlukan pemeriksaan fisik yang lebih seksama, khususnya jika dari luar tampak tidak ada luka pada dinding labia mayor atau minor. Hal ini bisa diketahui jika pemeriksaan dilakukan segera setelah trauma. Namun jika pendarahan telah berhenti dan luka telah menyembuh, menentukan sumber pendarahan dapat menjadi lebih sulit.

Semoga bermanfaat.

Dijawab oleh dr. Hafidz (Pengasuh Rubrik Kesehatan KonsultasiSyariah.com)

Artikel ini didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial
  • Keterangan lebih lengkap: Peluang Menjadi Sponsor dan Donatur