Hernia Pada Balita

2526
konsultasi kesehatan anak

Bengkak pada Buah Zakar

Assaluallaikum wr,wb…anak kedua saya mengalami pembengkakan pada buah zakarnya,terlihat jelas ketika sedang BAB atau teriak jiga
marah/ngambek…oleh dokternya disarankan untuk operasi,adakah cara lain selain operasi?

Dari: Bunda Rukmini

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarokaatuh.

Terima kasih atas pertanyaan yang Ibu berikan kepada kami.

Hernia yang tampak di daerah buah zakar atau skrotum kemungkinan besar merupakan hernia inguinalis, dimana isi perut seperti usus atau selaput dinding perut turun melalui daerah dinding perut yang mengalami defek ke daerah selangkangan. Berbeda dengan jenis hernia umbilikal yang dialami di sekitar pusar -yang sebagian besar dapat menutup seiring dengan pertumbuhan tubuh anak- , hernia inguinalis cenderung tidak menutup seiring perkembangan waktu, sehingga diperlukan penanganan khusus untuk mencegah komplikasi lebih lanjut.

Komplikasi akibat hernia, yakni hernia inkarserata (isi hernia tidak dapat kembali spontan maupun setelah didorong sendiri ke dalam perut), dan hernia strangulata (isi hernia ‘tercekik’ oleh tepi defek sehingga aliran darah ke segmen tersebut terputus dan menyebabkan potensi kematian jaringan) merupakan kondisi yang cukup serius, bahkan gawat darurat dan dapat mengancam nyawa untuk hernia strangulata, sehingga pihak medis lebih memilih tindakan operasi sebagai langkah preventif untuk mencegah timbulnya komplikasi tersebut di kemudian hari.

Sepengetahuan kami, karena sifat kelainan pada hernia adalah kelainan anatomis, maka penanganan yang efektif untuk kondisi ini, hingga saat ini, adalah dengan metode operatif. Metode operatif yang dimaksud dapat berupa herniorafi, yakni operasi pembedahan dan penutupan langsung defek pada dinding perut tersebut, maupun operasi dengan laparoskopi, dimana tidak dilakukan pembedahan, namun cukup dengan alat kecil (laparoskop) yang dimasukkan melalui sayatan kecil pada perut dan digunakan untuk memperbaiki defek yang ada. Pilihan operasi yang mana yang tepat untuk si kecil dapat didiskusikan dengan dokter yang menanganinya.

Semoga bermanfaat.

Dijawab oleh dr. Hafidz (Pengasuh Rubrik Kesehatan KonsultasiSyariah.com)

Artikel ini didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial
  • Keterangan lebih lengkap: Peluang Menjadi Sponsor dan Donatur