Benjolan di Kelopak Mata

7294

Benjolan di Kelopak Mata

Asslkum. saya desty casandra, umur saya 18thn. saya mau tanya, dikelopak mata kanan atas saya ada benjolan awal nya kecil tapi sekarang malah tambah besar, benjolan nya seperti benjolan biasa, tidak mengeluarkan nana atau air. benjolan nya tidak sakit tp saya sering migren, saya tidak tau pasti kpn benjolan ini ada tetapi yang saya ingat benjolan ini sudah lama ada. mohon bantuan nya, sblm nya terima kasih

Dari: Desty

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarokatuh.

Terima kasih atas pertanyaan yang diberikan kepada kami.

Benjolan pada kelopak mata dapat merupakan:

  • Kista kelenjar meibomian (kalazion). Kista ini sering dialami, ukurannya bervariasi dari sekedar terlihat hingga seukuran buah anggur, dan biasanya membesar perlahan-lahan dalam beberapa minggu. Kalazion biasanya berwarna seperti kulit atau sedikit merah, tidak nyeri, namun bisa meradang jika terjadi infeksi. Pengompresan dengan kain yang dicelupkan ke dalam air panas pada beberapa kasus dapat membantu pemulihan kista.
  • Hordeolum (stye). Infeksi minor pada dasar bulu mata, biasanya tampak merah, nyeri, kadang menyebabkan pembengkakan pada kelopak mata.
  • Kista simpleks lain seperti kista epidermoid, meskipun lebih jarang.
  • Kanker, seperti pada kanker sel skuamosa atau sel basal. Lebih sering dialami oleh pasien berusia lanjut, namun setiap kemungkinan kanker harus dipikirkan apabila benjolan terus membesar, mengalami perubahan warna (tidak terkait infeksi dan peradangan), bentuknya menjadi tidak beraturan, atau berdarah.
  • Penyakit seperti kalazion dan stye biasanya dapat membaik seiring waktu, dan tidak membahayakan. Namun jika benjolan menetap dalam waktu lama, misalnya beberapa bulan, dan terus membesar, meski tidak ada tanda infeksi, kami sarankan Saudara untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis mata untuk mengetahui penyebab dan solusi yang tepat bagi penanganan benjolan tersebut.

Semoga bermanfaat.

Dijawab oleh dr. Hafidz (Pengasuh Rubrik Kesehatan KonsultasiSyariah.com)

Artikel ini didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial
  • Keterangan lebih lengkap: Peluang Menjadi Sponsor dan Donatur