Anak Tertelan Mur Kecil, Bisa Keluar Ketika BAB?

tertelan mur dan baut

Anak Tertelan Mur Kecil

Pertanyaan:

Assalamualaikum wr.wb,,
dok, anak saya berumur 2 tahun ketelan mur kecil, apakah itu bisa keluar ketika dia buang air besar?

Dari: Rahmat

Jawaban:

Bisa saja, mur adalah benda keras yang tidak akan tercerna oleh usus, akan tetapi dalam perjalananya ada beberapa halangan yang bisa jadi membuat mur tersebur menetap di usus. Misalnya ada kelainan usus, ada peradangan di usus sehingga mur bisa saja menempel (terjebak) di usus. Atau anak memiliki kelainan di usus misalnya usus yang terlipat atau terpelintir sehingga mencegah mur tersebut keluar bersama BAB.

Jika sudah tertelan dalam waktu yang lama dan tidak menyangkut di tenggorokan (jika menyangkut, masih bisa dikeluarkan oleh dokter spesialis THT). Akan tetapi mur yang kecil jarang menyangkut kemungkinan besar sudah berada di lambung atau usus jika kejadiannya sudah agak lama. Saran kami segera bawa ke dokter, mengkin akan do rontgen beberapa kali secara berkala untuk emngetahui perjalanan mur tersebut di usus. Jika lancara maka diharapakan bisa keluar bersama BAB. Jik tidak maka bisa diambil tindakan lebih kanjut dan menganalisa mengapa bisa terhambat di usus.

Dijawab oleh: dr. Raehanul Bahraen (Pengasuh Rubrik Kesehatan Konsultasisyariah.com)

Artikel ini didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial
  • Keterangan lebih lengkap:¬†Peluang Menjadi Sponsor dan Donatur