Nyeri Sendi di Tulang Ekor dan Paha Kanan

3703
sakit nyeri di tulang

Nyeri Sendi

Assalamu’alaykum,
dok, saya seorang ibu berusia 25 tahun. beberapa bulan terakhir saya merasakan nyeri di sendi tulana ekor dan tulang paha kanan. Sebelumnya saya pikir itu beban berat badan hamil tua. akan tetapi setelah melahirkan nyeri tsb masih terasa. biasanya ketika berbaring terlentang dan akan berdiri. Jika harus periksa saya harus ke dokter spesialis apa ya dok?

Dan apakah aman meminum obat anti nyeri sendi di pasaran yang biasanya untuk manula?

Jazakumulloh khoiron.

Dari: Ibu May

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarokaatuh.

Nyeri yang dirasakan di daerah punggung bagian bawah dan “menjalar” ke salah satu atau kedua kaki diantaranya bisa disebabkan oleh terjepitnya akar saraf di daerah tulang belakang, iritasi saraf, regangan ligamen penyokong tulang belakang, cedera pada otot, atau, paska kehamilan, dampak dari kurangnya asupan kalsium saat hamil.

Jika nyeri yang Ibu rasakan tidak berkurang selama beberapa bulan, maka kami sarankan Ibu untuk memeriksakan diri ke dokter untuk evaluasi lebih lanjut. Ibu bisa memeriksakan diri ke dokter spesialis saraf sebagai langkah awal. Dokter biasanya akan melakukan serangkaian pemeriksaan fisik untuk saraf dan otot, dan jika dibutuhkan, pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan radiologi dan laboratorium.

Untuk konsumsi obat antinyeri, jika sifatnya suplemen, maka dapat dikonsumsi sesuai dosis secara rutin. Namun jika sifatnya simtomatik, seperti misalnya meloxicam, dll, maka sebaiknya mintalah resep dokter terlebih dahulu, karena efek samping yang dapat timbul jika digunakan dalam dosis besar dan waktu yang lama.

Semoga bermanfaat.

Dijawab oleh dr. Hafidz (Pengasuh Rubrik Kesehatan KonsultasiSyariah.com)

Artikel ini didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial
  • Keterangan lebih lengkap: Peluang Menjadi Sponsor dan Donatur