Hamil Pasca Caesar

2732
test hamil

Hamil Lagi Pasca Caesar

Pertanyaan:

السّلام عليكم ورحمة اللّه وبركاته

Saya ibu rumah tangga dengan usia 29 thn. Mempunyai riwayat persalinan caesar pada kedua anak saya. Anak pertama berumur 3 thn dan anak kedua saya baru 5 bulan. Saat ΐήΐ sudah hamil 2 bulan. Apakah beresiko karena caesar kedua membuka jahitan yang lama? Program menyusui boleh dilanjutkan atau tidak? Terima kasih.

Dari: Ibu Yanita

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarokatuh.

Terima kasih atas pertanyaan yang diberikan kepada kami.

Dari riwayat yang Ibu sampaikan, jarak yang dekat antara kehamilan kedua dan ketiga memang meningkatkan risiko komplikasi pada kehamilan selanjutnya, khususnya kelainan perlengketan plasenta dan robekan pada luka bekas jahitan, namun risiko tersebut masih bersifat relatif terhadap kehamilan Ibu saat ini. Dengan kata lain, risiko tersebut meningkat, namun bukan merupakan alasan untuk mengambil tindakan terhadap ibu dan janin, selama pemantauan dilakukan dengan ketat, edukasi terhadap ibu hamil mengenai tanda-tanda bahaya pada kehamilannya diberikan dan dipahami dengan baik, dan tidak ditemukan bahaya yang nyata seperti pendarahan atau nyeri perut. Luka paska operasi caesar biasanya menyembuh dalam 4 minggu paska operasi, meski nyeri kadang masih bisa dirasakan sedikit-sedikit, dan dalam 6 minggu organ-organ tubuh kembali pada keadaanya sebelum hamil. Karena itu, Kehamilan dapat terus dilanjutkan dengan kontrol antenatal yang ketat, dan hampir dapat dipastikan pilihan persalinan selanjutnya adalah operasi caesar lagi, untuk menghindari risiko robekan rahim akibat kontraksi maupun mengejan nanti.

Begitu pula menyusui dapat dilanjutkan selama bayi masih ingin menyusui. Namun sebaiknya hal ini didiskusikan dengan dokter kandungan Ibu, khususnya jika Ibu memiliki riwayat ancaman persalinan prematur, nyeri perut dan pendarahan, dan riwayat morning sickness atau keluhan kesehatan lainnya selama hamil, karena menyusui mungkin dapat memperberat kondisi tersebut.

Semoga bermanfaat.

Dijawab oleh dr. Hafidz (Pengasuh Rubrik Kesehatan KonsultasiSyariah.com)

Artikel ini didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial
  • Keterangan lebih lengkap: Peluang Menjadi Sponsor dan Donatur