Setelah Donor Darah Badan Jadi Kurus

3345
donor darah

Apa yang harus dilakukan Setelah Donor Darah

Assalamu’alaikum..
saya perempuan usia 19 tahun dokter, saya mau tanya..apakah efek jika sehabis donor darah tidak minum obat penambah darah?
apakah membuat tubuh jadi kurus? Karena yg saya rasakan sehabis donor darah itu berat badan saya tak kunjung naik. Terimakasih..

Dari: Nita

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarokatuh.

Terima kasih atas pertanyaan yang diberikan kepada kami.

Konsumsi obat penambah darah yang biasanya berupa suplemen zat besi pada dasarnya bukan merupakan prosedur mutlak yang harus dilakukan setelah mendonorkan darah. Yang merupakan protokol dasar sesungguhnya adalah konsumsi snack ringan dan beristirahat selama 10-15 menit, konsumsi air putih lebih sering sebelum maupun setelah donasi, dan menghindari aktivitas berat atau mengangkat barang-barang berat lainnya minimal 24 jam setelah mendonorkan darah. Jadi, sepengetahuan kami, tidak ada efek khusus jika setelah donor darah tidak mengkonsumsi suplemen tersebut. Hanya saja, jika diet sehari-hari pendonor kurang zat besi, maka dianjurkan untuk mengkonsumsi suplemen tersebut untuk membantu mengganti zat besi yang hilang selama proses donor darah secara cepat.

Semoga bermanfaat.

Dijawab oleh dr. Hafidz (Pengasuh Rubrik Kesehatan KonsultasiSyariah.com)

Artikel ini didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial
  • Keterangan lebih lengkap: Peluang Menjadi Sponsor dan Donatur