Keluar Flek Saat Hamil

6628
belum hamil

Keluar Flek

Ass..
Dok , sy nucke . Sy terkadang suka keluar flek darah . Skrg usia kandungan sy sudah 5 bulan . Nah pas usia kandungan sy jalan 4 bln ,
sy pernah mengalami pendarahan ringan . Stlah diperiksa dan d USG katanya sy bisa melahirkan pd saat itu juga . Dikarenakan janin sy selalu kontraksi dibawah . Sy dianjurkan untuk tidak beraktifitas dan turun dr tempat tidur selama 3 hari..
Nah dari situ udah aga jarang lg keluar flek darah nya .
Kl yg skrg kluar itu segumpalan darah kecil kecil dok . Itu knpa ya ?

Dari: Nucke

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarokatuh.

Terima kasih atas pertanyaan yang Ibu berikan kepada kami.

Keluarnya flek atau darah pada saat hamil, khususnya trimester kedua dan ketiga dapat dikarenakan oleh beberapa hal berikut ini:

  • Plasenta previa. Letak plasenta menutupi jalan lahir, menyebabkan pendarahan ringan namun kadang bisa sampai berat, dengan darah berwarna merah dan biasanya tidak disertai rasa nyeri.
  • Abrupsi plasenta. Lepasnya plasenta dari dinding rahim sebelum atau saat proses persalinan, menyebabkan darah mengumpul di antara plasenta dan uterus, sehingga darah yang keluar mungkin tampak sedikit, tidak sebanding dengan jumlah darah yang hilang sebenarnya. Diantara tandanya adalah nyeri perut, keluarnya jendalan-jendalan darah dari vagina, uterus yang teraba lunak dan nyeri, dan nyeri punggung.
  • Ruptur uteri. Terjadi pada sebagian kecil (jarang) pasien paska operasi caesar, dimana luka paska operasi sebelumnya terbuka kembali saat hamil maupun persalinan. Diantara gejala dan tandanya adalah nyeri berat disertai nyeri tekan pada perut.
  • Vasa previa. Merupakan kondisi yang sangat jarang, dimana pembuluh darah bayi di tali pusar atau plasenta melewati bukaan jalan lahir, tandanya disertai denyut jantung bayi yang tidak normal dan pendarahan hebat.
  • Persalinan prematur. Terjadi sebelum usia kehamilan 37 minggu, gejala dan tandanya mirip dengan persalinan normal, yakni adanya nyeri punggung, lendir darah, dan kontraksi di daerah perut bagian bawah.
  • Cedera pada serviks atau vagina.
  • Polip.
  • Kanker.

Pendarahan pada plasenta previa, abrupsi plasenta, ruptur uteri, vasa previa serta persalinan prematur membutuhkan penanganan segera.

Pada kondisi yang Ibu sebutkan, kami tidak dapat memastikan penyebabnya, karena diperlukan pemeriksaan yang lebih lanjut untuk mengetahui penyebab keluarnya darah dan gejala-gejala yang menyertainya. Perlu kami beritahukan bahwa pemeriksaan detail paska keluarnya darah pada ibu hamil trimester kedua dan selanjutnya sangat penting, karena hal tersebut dapat merupakan tanda adanya kondisi yang lebih serius yang dapat membahayakan ibu dan janin. Disamping itu, darah yang tampak menggumpal juga perlu diperiksa, apakah benar hanya merupakan jendalan darah, atau merupakan jaringan.

Semoga bermanfaat.

Dijawab oleh dr. Hafidz (Pengasuh rubrik kesehatan KonsultasiSyariah.com)

Artikel ini didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial
  • Keterangan lebih lengkap: Peluang Menjadi Sponsor dan Donatur