Mengatasi Bintil di Mulut Rahim (Serviks)

4673
kuret rahim

Mengatasi Bintil di Mulut Rahim

Assalamu’alaykum,ana seorang ibu 4 org anak usia ana 29 th, Ana mau bertanya Dokter. Di sekitar mulut rahim ana terdapat bintil2 kecil. ini baru ada kira2 6 bln yang lalu,blm lama ini ana sudah periksa IVA di puskesmas setempat. sebenarnya keluhan seperti keputihan juga jarang ana rasakan hanya sering gatal di sekitar vagina walau tanpa ada keputihan. Hanya saja yg ana risaukan bintil2 kecil di mulut rahim yg mengganggu pikiran ana setelah ana mengikuti penyuluhan kesehatan ttg kanker serviks. setelah periksa IVA kata bidan yg menangani ana memang ada bintil di area mulut rahim tp bukan di peranakan dan disarankan periksa ulang 3 bln yg akan dtng. Bagi ana jawaban bidan td masih meragukan. Ana mohon jawaban dari dokter, untuk langkah selanjutnya apakah ana perlu periksa IVA ulang atau mungkin ada cara yg lebih akurat ? Atau perlukah ana lakukan paps mear ?

Syukron wa jazakallahu khoir, wassalamu’alaikum

Dari: Ummi

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarokaatuh.

Terima kasih atas pertanyaan yang Ibu berikan kepada kami.

Untuk interpretasi hasil pemeriksaan inspeksi visual pada serviks dengan menggunakan asam asetat (VIA atau IVA), memang dibutuhkan keahlian yang memadai, khususnya untuk menggolongkan hasil pemeriksaan ke dalam VIA negatif. Karena banyak kondisi yang menyebabkan beberapa daerah di serviks menunjukkan warna memutih setelah pengaplikasian asam asetat, namun aslinya bukan kelainan yang dapat digolongkan sebagai VIA positif. Misalnya bercak putih dari kelenjar Nabothi, juga kelompok sel dibagian tepi serviks. Sehingga untuk memastikannya, bisa saja dibutuhkan tes VIA ulangan atau jenis tes lainnya seperti pap smear. Posisi bercak yang menunjukkan warna putih juga mempengaruhi hasil tes VIA. Bercak putih yang berada di luar jalan masuk rahim (cervical os) dan zona squamocolumnar cenderung dikategorikan negatif.

Pada kondisi yang Ibu alami, kami sarankan Ibu untuk menjalani tes VIA kembali sesuai dengan saran bidan tadi, jika bidan tersebut adalah bidan yang memang telah diketahui dan dikenal berpengalaman baik dalam melakukan dan menginterpretasikan hasil VIA. Karena tes VIA merupakan tes untuk skrining kesehatan serviks dengan tingkat sesitivitas yang cukup baik, jika dilakukan oleh individu yang kompeten. Namun jika Ibu masih ragu, maka ada baiknya Ibu menjalani tes Pap smear untuk mendapatkan hasil dan penjelasan yang lebih memadai.

Semoga bermanfaat.

Dijawab oleh dr. Hafidz (Pengasuh rubrik kesehatan KonsultasiSyariah.com)

Artikel ini didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial
  • Keterangan lebih lengkap: Peluang Menjadi Sponsor dan Donatur