Apakah Hematuria?

2430
sering kencing

Keluar Darah Saat Kencing

Selamat Malam Dokter, saya Caca. Dok, sudah 3kali ini saya saat kencing pada akhir-akhir kencing alat kelaminnya mengeluarkan darah,
itu kenapa ya Dok? Apakah ini di sebabkan oleh Batu Urin yang akan keluar dan menggores saluran kencing suami saya? Tempo hari saya sempat tes lab dan di dapatkan hasil di dalam sedimen urin suami saya terdapat eritrosit 8-10 itu maksud nya apa? Saya browsing di Internet ini di namakan Hematuria, apa ini bahaya Dok? Apa bisa di sembuhkan? dan Apakah ada Obatnya? Oh iya Dok, saya juga di suruh USG Urologi, apa ini termasuk sudah serius Dok penyakit yang saya derita?

Terimakasih Dok,

Salam

Jawaban:

Terima kasih Ibu Caca atas pertanyaan yang diberikan kepada kami.

Keluarnya darah yang tampak jelas saat berkemih, disebut juga dengan “gross hematuria”. Kondisi ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya:

  • Adanya batu di sepanjang saluran kemih, bisa di ginjal, ureter, kandung kemih, maupun uretra.
  • Cedera pada saluran kemih, seperti akibat terbentur.
  • Infeksi pada saluran kemih.
  • Tumor atau kanker pada saluran kemih.

Hematuria sendiri memang menimbulkan rasa takut, namun tidak semuanya membahayakan, sepanjang dapat dideteksi lebih awal penyebabnya, dan ditangani dengan tepat, sehingga tidak terlanjur menyebabkan kerusakan organ perkemihan. Dan salah satu cara mendeteksinya penyebabnya adalah dengan pemeriksaan penunjang, seperti USG, foto radiologi ginjal, ureter, dan kandung kemih (BNO-IVP), dsb. Permintaan pemeriksaan tersebut juga belum dapat diartikan penyakitnya fatal, namun lebih sebagai cara untuk memastikan diagnosis sehingga pengobatan yang nantinya dipilih bisa tepat guna. Sebagai contoh, jika hematuria disebabkan oleh adanya batu pada ginjal atau ureter, maka perlu dilihat ukuran batunya, jenisnya, dan dampaknya terhadap ginjal atau ureter tersebut. Jika batu masih berukuran kecil, dan belum menimbulkan dampak yg serius serta masih berpeluang keluar secara alami, maka dokter akan menyarankan pasien untuk mengkonsumsi obat-obatan yang dapat membantu mengecilkan dan mendorong keluarnya batu dari saluran kemih. Namun jika sudah terlampau besar, maka batu bisa dihancurkan atau diambil menggunakan alat tertentu.

Saran kami, hendaknya Ibu dan suami senantiasa berdo’a memohon kesembuhan pada Allah Ta’ala, kemudian berusaha mencari penyebab hematuria tersebut (dengan menjalani pemeriksaan dokter, pemeriksaan penunjang, dsb), dan menjalani pengobatan dengan sabar dan optimis.

Semoga bermanfaat.

Dijawab oleh dr. Hafidz (Pengasuh rubrik kesehatan KonsultasiSyariah.com)

Artikel ini didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial
  • Keterangan lebih lengkap: Peluang Menjadi Sponsor dan Donatur