Sering Kencing 5 Kali dalam 1 Jam

3654
keluar cairan sesudah kencing-pipis

Sering Kencing

Aslm dok,,saya mau tanya ,,akhir2 ini saya sering kencing,,sejam bisa sampai 5 kali ,, terutama malam hari,,akibatnya saya susah tidur karena terlalu sering ke toilet,,dan keluarnya hanya sedikit,,tapi sering.apa itu berbahaya bagi kesehatan dan apa itu gejala penyakit ?

Mohon jawabanya .waslm.

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarokatuh.

Terima kasih atas pertanyaan yang diberikan kepada kami.

Meningkatnya frekuensi berkemih namun tidak diiringi rasa lampias setelahnya, urin keluar sedikit-sedikit, khususnya jika disertai rasa nyeri, terbakar, atau tidak nyaman saat berkemih atau rasa nyeri tumpul yang dirasakan dibagian atas tulang pubis, besar kemungkinannya menandakan adanya peradangan atau infeksi pada saluran kemih. Peradangan atau infeksi berpeluang lebih besar terjadi di saluran perkemihan bawah, seperti kandung kemih dan uretra. Pada pria terutama kelompok usia 40-50 tahun keatas, salah satu penyebab yang sering dijumpai adalah pembesaran prostat jinak.

Peradangan atau infeksi pada saluran kemih bawah biasanya tidak membahayakan, namun perlu segera didiagnosis dan diterapi untuk mencegah komplikasi lebih lanjut seperti penyakit berlanjut menjadi kronis, infeksi menyebar ke saluran kemih atas seperti ureter dan ginjal, dan rusaknya struktur dalam kandung kemih sehingga daya tampungnya menjadi terbatas atau iritabilitasnya meningkat sehingga tidak mampu menampung urin dengan maksimal. Oleh karena itu, kami menyarankan agar Saudara segera memeriksakan diri ke dokter untuk memperoleh evaluasi dan perawatan yang tepat sehingga keluhan bisa segera ditangani.

Semoga bermanfaat.

Dijawab oleh dr. Hafidz (Pengasuh rubrik kesehatan KonsultasiSyariah.com)

Artikel ini didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial
  • Keterangan lebih lengkap: Peluang Menjadi Sponsor dan Donatur