Flek Darah Saat Kehamilan 2 Bulan

13145
keluar flek saat puasa

Flek Darah

Assalamualaikum.wr.wb. Selamat malam Dokter.saya mau bertanya soal kehamilan istri sy.istri sy hamil sudah 45 hari calon anak yg ke-2.tp td pagi sewaktu buang air kecil ada flek darah keluar tapi tdk banyak dok.nah malam ini sepertinya tdk ada keluar flek darah nya.soalnya td pagi istri sy cuci pakaian anaknya,saya sudah bilang biar urusan itu sy yg tangani….yg saya mau tanya apakah itu berbahaya dengan istri dan janin nya…dan yg ke-2 apakah istri sy masih tetap hamil…tp tadi lps magrib sy test lg dgn TP masih ada 2 garis positif…apa kah dgn cara itu buat memastikan bahwa keadaan janin nya aman ya dok,soalnya sy bimbang dan ragu  dengan janin istri sy. Takut terjadi apa2…ya semoga aja tdk terjadi yg membahayakan ya dok.tapi sy kemarin sudah konsultasi dgn dokter kandungan,sebelum terjadi flek.klo tdk membahayakan mungkin bulan dpn sy USG lg dan konsultasi dgn dokter di RSIA.mohon bantuan dan pencegahannya.

Dari: Boby

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarokatuh.

Terima kasih atas pertanyaan yang Bapak berikan kepada kami.

Keluarnya flek baik berwarna kecoklatan maupun merah segar cukup sering dijumpai pada kehamilan trimester awal. Ada kalanya tidak membahayakan kehamilan, namun tidak jarang juga dapat merupakan tanda awal terjadinya proses keguguran atau masalah lainnya pada kehamilan tersebut. Pada kondisi yang dialami oleh istri Bapak, jika flek baru keluar 1-2 kali dalam jumlah sedikit, dan tidak disertai rasa nyeri atau kram perut bagian bawah, menurut kami, kehamilan masih berlangsung. Flek yang “normal” cenderung akan berhenti dengan sendirinya setelah 2-3 hari. Dalam periode tersebut, untuk mencegah gangguan pada rahim, ibu hamil disarankan untuk banyak beristirahat dengan berbaring sembari tetap mengkonsumsi cukup nutrisi dan air.

Namun jika flek semakin banyak, atau disertai rasa kram dan nyeri pada perut, atau flek disertai keluarnya gumpalan darah, maka sebaiknya istri segera diperiksakan ke dokter untuk dilakukan evaluasi lebih lanjut mengenai kehamilannya, sebab tanda-tanda tersebut mengarah kepada gangguan serius seperti ancaman keguguran atau kehamilan di luar rahim (ektopik).

Semoga Allah Ta’ala senantiasa menjaga Bapak sekeluarga dan memberikan rezeki berupa keturunan yang sholih dan sehat.

Dijawab oleh dr. Hafidz (Pengasuh rubrik kesehatan KonsultasiSyariah.com)

Artikel ini didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial
  • Keterangan lebih lengkap: Peluang Menjadi Sponsor dan Donatur