Efek Samping Suntik KB 3 Bulan

21316
suntik kb

Apa Efek Samping Suntik KB 3 Bulan?

Ass dok , saya mau konsultasi, slama 3th saya memakai suntik kb lalu berhenti slama 3bulan tetapi tidak mendapat haid slama 2bulan, dan bulan ke ke 3 nya sy mendapat kann haid tapi hanya sedikit2 tapi haid nya flek coklat gitu, itu berlangsung slama sebulan tidak berhenti, kadang 1hari berhenti dann besok nya keluar lagi , tetapi sedikit2, lalu sy periksa ke bidan kata bidan itu perbahan hormon dan bila mau berhenti pendarahan nya di saran kann untuk suntik kb lagi , tetapi tetap saja masih keluar darah setiap hari sudah 18hari, berhenti sehari besok nya keluar lagi , sy ingin tau apakah itu efek dari kb suntik atw sy punya masalah lain ?

Karna stelah d suntik Ɩagi kadang sy suka merasa kann sakit dbibir vagina , dan bila pendarahan nya berhenti slama 2hari sy merasa udah bersih dan melakukan hub sex sama suami tetap setelah berhubungan besok pagi nya keluar lagi flek, mohon solusi nya dok, karna sy sudah periksa ke bidan itu d bilang nya perubahan hormon karna kb nya berhenti tetapi setelah d kb lagi malah jadi gini , trimakasih.

Dari: Ibu H.

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarokatuh.

Terima kasih atas pertanyaan yang Ibu berikan kepada kami.

Salah satu dampak yang paling sering terjadi pada penggunaan KB hormonal, seperti pil kontrasepsi maupun injeksi kontrasepsi, adalah timbulnya pendarahan yang tidak teratur/diluar siklus. Keluhan ini disebabkan oleh pengaruh hormon sintetis pada obat KB yang mempengaruhi kerja normal hormon reproduksi alami dan organ yang memproduksinya, dan sifatnya bisa berbeda-beda pada setiap orang. Efek KB hormonal masih dapat menetap hingga beberapa bulan bahkan setelah penggunaan obat dihentikan. Oleh karena itu, mereka yang baru saja berhenti menggunakan KB hormonal biasanya merupakan kelompok yang paling sering mengeluhkan efek KB tersebut, mulai dari tidak adanya haid, haid sebentar, haid berjumlah sedikit, atau malah terus menerus seperti yang Ibu alami. Dan pengaruh tersebut belum tentu hilang seketika saat obat digunakan kembali, namun menunggu penyesuaian tubuh dengan kadar hormonal yang ada dalam darah. Proses penormalan kadar hormon dalam darah ini kami rasa merupakan jawaban mengapa pendarahan yang Ibu alami tidak kunjung berhenti meski telah menggunakan KB kembali.

Menurut kami, jika memang tidak ada kepentingan yang sangat mendesak sesuai syari’at untuk menggunakan kontrasepsi, ada baiknya penggunaannya dihentikan. Meskipun akan menimbulkan efek samping sebagaimana yang Ibu alami, namun efek tersebut masih tergolong ringan dan insya Allah setelah beberapa bulan kemudian siklus haid Ibu kembali seperti sebelumnya (terkadang bahkan sampai mencapai 6 bulan bahkan lebih). Jika dalam waktu 6 bulan haid belum kembali seperti semula, maka kami sarankan Ibu untuk memeriksakan diri ke dokter kandungan untuk mengetahui keadaan rahim dan indung telur dan penyebab belum teraturnya haid. Atau, jika timbul keluhan lain sebelum waktu 6 bulan tersebut, misalnya darah yang keluar semakin deras (bukan cuma flek) dan terjadi terus menerus, pusing, nyeri atau kram perut bagian bawah, atau pendarahan paska hubungan intim (postcoital bleeding), maka sebaiknya Ibu segera memeriksakan diri ke dokter untuk evaluasi lebih lanjut. Dan perlu diketahui, jika pendarahan tersebut terjadi terus menerus atau hanya berhenti selama beberapa saat dalam sebulan, maka tidaklah tergolong haid melainkan istihadhah, sehingga Ibu perlu membedakan antara darah haidh dan istihadhah karena perbedaan konsekuensi hukum diantara keduanya. Pembedaan itu bisa dengan kebiasaan haid Ibu sebelum datangnya gangguan siklus, atau jika tidak ada kebiasaan, pembedaan jenis darah, atau jika masih tidak bisa dibedakan, kebiasaan wanita di keluarga ibu maupun secara umum.

Semoga bermanfaat.

Dijawab oleh dr. Hafidz (Pengasuh rubrik kesehatan KonsultasiSyariah.com)

Artikel ini didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial
  • Keterangan lebih lengkap: Peluang Menjadi Sponsor dan Donatur