Tanda Awal Kehamilan

2540
test hamil

Tanda Awal Kehamilan

Assalamu’alaikum, wr. Wb.
Maaf saya mau bertanya, saya pernah baca artikel mengenai tanda awal kehamilan dan salah satu tandanya tersebut adalah pendarahan. Jika mengalami pendarahan tersebut, apakah kita boleh mengerjakan solat seperti biasanya atau itu sama hukumnya dengan menstruasi? 

Kemudian katanya bila pendarahan tersebut disertai nyeri bisa saja itu tanda kehamilan ectopic, lalu apa maksudnya kehamilan ectopic tersebut?

Dari: Kokom

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullaahi wabarokatuh.

Terima kasih atas pertanyaan yang Ibu berikan kepada kami.

Ibu benar bahwa salah satu tanda awal kehamilan adalah pendarahan ringan (bervariasi, dari sekedar spotting, sampai cukup banyak seperti awal menstruasi) yang merupakan darah yang berasal dari implantasi/tertanamnya janin di dinding rahim. Terkadang darah bisa berwarna merah atau merah muda, coklat, atau coklat gelap cenderung hitam, dsb. Sebagian besar Ibu mengalami keluarnya darah tersebut sekitar 7-10 hari paska terjadinya pembuahan. Mengenai hukumnya, apabila darah tersebut memiliki ciri-ciri serupa dengan darah haid, maka ia dianggap sebagai haid dan berlaku padanya hukum-hukum haid, namun jika tidak, maka tidak dianggap sebagai haid.

Adapun kehamilan ektopik, kondisi ini merupakan keadaan dimana kehamilan terjadi diluar rahim, misalnya di saluran tuba fallopii, indung telur, atau jaringan penyokong rahim. Pada kehamilan ini, meskipun pada awalnya embrio dapat berkembang sehingga timbul tanda-tanda awal kehamilan seperti tes kehamilan positif, tidak haid, mual muntah, dsb, namun pada akhirnya janin tidak akan dapat berkembang lebih jauh karena keterbatasan jaringan tempatnya melekat. Kehamilan ektopik pada fase lebih lanjut menimbulkan pendarahan, nyeri, dan kram, dan bisa pecah, yang merupakan kegawatdaruratan dalam bidang kebidanan.

Semoga bermanfaat.

Dijawab oleh dr. Hafidz (Pengasuh rubrik kesehatan www.KonsultasiSyariah.com)

KonsultasiSyariah.com didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial
  • Keterangan lebih lengkap: Peluang Menjadi Sponsor dan Donatur