Penyebab Kemandulan pada Pria

7326
sperma kering dan encer

Penyebab Kemandulan pada Pria

Assalamualaikum…
Dokter, apa penyebab kemandulan yang di alami laki-laki dan wanita ? kemudian apakan aktifitas Onani/Mastrubasi waktu usia muda termasuk yang menyebabkan kemandulan?

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullaahi wabarokaatuh.

Terima kasih kami haturkan atas pertanyaan yang Saudara berikan kepada kami.

Beberapa hal yang dapat menyebabkan menurunnya kesuburan pada pria antara lain adalah:

  • Produksi sperma yang kurang atau tidak ada (azoospermia). Misalnya akibat hipotiroidisme, hiperprolaktinemia, hipogonad, testis tidak turun, infeksi pada testis, varikokel, berbagai macam obat-obatan seperti kortikosteroid, steroid anabolik, obat antimalaria, dsb. Begitu pula gangguan pada level genetik, seperti sindrom Klinefelter, tidak berkembangnya sel-sel kelamin.
  • Abnormalitas produksi sperma yang menghasilkan sperma dengan vitalitas rendah. Penyebabnya hampir sama dengan penyebab gangguan produksi sperma diatas.
  • Gangguan pada sistem transport sperma, seperti adanya sumbatan pada epididimis atau vas deferens, misalnya paska infeksi.

Sedangkan pada wanita, beberapa penyebabnya adalah:

  • Gangguan pada tuba fallopii, yang merupakan jalur transport sel telur dari ovarium ke rahim. Misalnya adanya bekas luka, penyempitan, atau bahkan sumbatan pada tuba akibat infeksi, operasi, atau kehamilan ektopik pada tuba sebelumnya.
  • Gangguan pada rahim, seperti mioma, endometriosis.
  • Gangguan pada ovarium, seperti sindrom ovarium polikistik (menyebabkan folikel sel telur tidak berkembang namun berisi cairan).
  • Gangguan pada sistem hormon yang lebih sentral, seperti pada hipotalamus dan hipofisis, misalnya adanya tumor pada hipofisis, dsb.

Onani, kegiatan mencari kepuasan seksual dengan cara menstimulasi diri sendiri, memang menimbulkan pernyataan yang bertentangan mengenai dampaknya pada kesuburan. Kesimpulan kami, onani yang dilakukan pada waktu muda dan sudah dihentikan, tidak secara langsung mempengaruhi kesuburan dari segi jumlah sperma yang dihasilkan. Namun jika dilakukan secara berlebihan (misal: beberapa kali dalam sehari) dan dalam jangka waktu cukup lama terus menerus, onani berpeluang menyebabkan gangguan ereksi ataupun gangguan pada transport sperma, yang pada akhirnya mempengaruhi kesuburan.

Semoga bermanfaat.

Dijawab oleh: dr. Hafidz (Pengasuh Rubrik Kesehatan konsultasisyariah.com)
 
Artikel ini didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial
  • Keterangan lebih lengkap: Peluang Menjadi Sponsor dan Donatur