Obat Penunda Haid

13175
obat pencegah haid untuk puasa

Menunda Haid

Assalamu’alaykum,
Dokter, bagaimana tips sehat ketika mengkonsumsi obat penunda haid karena khawatir tidak bisa melaksanakan umroh?
Jenis obat apa yang paling aman? Berapa hari meminum obat tersebut?

Nb:
Umur 28 th, BB 45 Kg, TB 164 cm, tidak ada riwayat penyakit. Jarang mengkonsumsi obat kimiawi.

Dari: Sdri. Rena

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarokatuh.

Terima kasih atas pertanyaan yang diberikan kepada kami.

Beberapa obat memiliki khasiat menunda atau merubah pola menstruasi yang ada, seperti kontrasepsi dan norethisterone. Jika sebelumnya tidak ada riwayat penyakit berat atau alergi obat sebelumnya, maka rata-rata obat kontrasepsi aman dikonsumsi, terlebih dalam jangka waktu pendek. Jika memilih obat kontrasepsi kombinasi, maka untuk mencegah menstruasi, jika diperkirakan waktu umroh sekitar 15 hari atau lebih, dan siklus menstruasi diperkirakan jatuh pada sekitar hari-hari itu, maka sebaiknya kontrasepsi mulai dikonsumsi sebelum berangkat dan diminum setiap hari selama waktu umroh. Karena pil kontrasepsi kombinasi terdiri dari 21 pil berisi hormon dan 7 pil tanpa hormon, maka untuk menunda haid, setelah 21 pil hormon habis, maka langsung diteruskan dengan pil hormon selanjutnya, tanpa pil ‘kosong’.

Tips yang dapat kami anjurkan adalah:

  • Jika memungkinkan, lakukan pemeriksaan kesehatan menyeluruh sebelum berangkat umroh untuk mengetahui adanya penyakit/potensi penyakit yang mungkin diperberat oleh konsumsi obat penunda haid.
  • Karena obat-obatan tersebut mengandung hormon, yang efeknya mungkin tidak persis sama antara satu individu dengan yang lain, konsultasikan terlebih dahulu dengan bidan atau dokter yang ahli dan berpengalaman dalam masalah pemilihan kontrasepsi maupun obat hormonal yang mempengaruhi haid lainnya.
  • Gunakan obat persis sesuai dosis, jangan ditambah atau dikurangi sendiri.
  • Perhatikan jika timbul gejala efek samping obat yang berbahaya, jika timbul segera hubungi petugas kesehatan dan hentikan pemakaian obat.
  • Di kendaraan, usahakan lebih sering bergerak seperti berdiri, senam tangan dan kaki ringan, atau berjalan selama beberapa menit tiap 30 menit atau 1 jam, untuk melancarkan peredaran darah dan mencegah timbulnya jendalan pada pembuluh darah.

Semoga bermanfaat.

Dijawab oleh: dr. Hafidz (Pengasuh Rubrik Kesehatan konsultasisyariah.com)
 
Artikel ini didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial
  • Keterangan lebih lengkap: Peluang Menjadi Sponsor dan Donatur