Mengatasi Flu Tak Kunjung Sembuh

8985

Flu Tak Kunjung Sembuh

Assalaamu’alaikum.
Dok, Baarakallaahu fiik, kira-kira saya terkena penyakit apa yah?
Saya laki-laki berumur 28tahun. Saya berkerja di Jakarta dan rumah di depok (jarak sekitar 25km). Terkadang menggunakan kereta dan terkadang naik motor untuk pergi bekerja. Flu saya tidak kunjung sembuh, kira-kira sudah hampir 1 bulan lebih. Hidung saya selalu mampet sebelah dan kadang kedua-duanya. Apalagi setiap pagi dan malam atau setelah ambil wudhu, flu saya bertambah parah.
Di salah satu hidung yang sedang mampet, pasti mengeluarkan (maaf) ingus. Jika pagi, dahak selalu keluar disertai ingus ini. Jika malam, kadang lubang yang mampet saya sumbat dengan tissue atau selampek.
Mohon doanya agar penyakit saya segera diangkat oleh Allah ta’ala. Aamiiin.
Jazakallaahu khayran..

Dari M. Maulana

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarokaatuh.

Terima kasih atas pertanyaan yang diberikan kepada kami.

Gejala flu seperti hidung tersumbat, nyeri di daerah kepala atau wajah, bersin-bersin, dan adanya dahak atau ingus yang terjadi dalam waktu cukup lama, misalnya 1 bulan seperti yang Saudara sampaikan, kemungkinan menandakan bahwa masalah kesehatan yang ada bukanlah sekedar flu biasa atau common cold. Beberapa penyebab yang dapat memicu keluhan serupa namun dalam waktu yang lebih lama dari common cold antara lain adalah:

  • Sinusitis. Bisa didahului oleh common cold terlebih dahulu, yang kemudian berkembang menjadi sinusitis.
  • Polip hidung.
  • Peradangan mukosa hidung atau rhinitis, baik yang disebabkan oleh alergi maupun non alergi. Penyebab rhinitis non-alergi lebih bervariasi, mulai dari paparan asap polutan hingga bahan-bahan kimia disekitar kita sehari-hari.

Karena gejala dari penyebab tersebut mirip satu sama lainnya, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui kondisi yang mana sesungguhnya yang Saudara alami. Untuk meringankan gejala sebelum menjalani pemeriksaan ke dokter, Saudara bisa:

  • Menghindari paparan polusi di luar rumah dengan rutin menggunakan masker saat bepergian.
  • Menghindari paparan bahan kimia seperti parfum, obat semprot, atau yang lainnya yang dapat memicu memburuknya keluhan.
  • Menggunakan alat semprot hidung (nasal spray) yang mengandung decongestan, untuk meringankan gejala hidung tersumbat dan ingus yang terus keluar.

Atau dengan melakukan irigasi nasal. Namun untuk irigasi nasal, jika sebelumnya Saudara belum pernah melakukannya, maka kami sarankan untuk melakukannya setelah diajarkan oleh petugas kesehatan.

Kami turut berdo’a semoga Allah Ta’ala segera memberikan kesembuhan pada Saudara.

Dijawab oleh dr. Hafidz (Pengasuh rubrik kesehatan KonsultasiSyariah.com)

KonsultasiSyariah.com didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial
  • Keterangan lebih lengkap: Peluang Menjadi Sponsor dan Donatur