Hamil di Luar Rahim

3219
kesehatan rahim wanita

Assalamualaikum, dokter saya mau bertanya tentang kondisi kesehatan istri saya, istri saya berumur 30 tahun dan telah dikarunia 3 anak,anak pertama normal dan anak kedua kembar di secar semenjak kelahiran anak kembar kami menggunakan alat kontrasepsi berupa pil ternyata akhir akhir ini istri mengeluhkan kalau didaerah rahim suka melilit dan disertai keluar darah seperti nifas yang cukup banyak setelah kami periksakan kedokter diagnosa awal ada dua kemungkinan yaitu kista dan hamil diluar rahim, dan ternyata ketika kami tes kehamilan dengan tespek hasilnya positif, pertanyaanya saya dokter..

  1. Apa yang dimaksud hamil diluar rahim?
  2. Kenapa itu bisa terjadi ?
  3. Adakah tindakan alami untuk menggugurkan selain di operasi ?
  4. samapai saat ini kami melakukan pengobatan bekam dan minum jus manggis dan sirsak, karena istri tidak mau dilakukan tindakan operasi?

Atas jawabanya kami ucapkan jazakumullahukhoiron …?

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarokaatuh.

Terima kasih atas pertanyaan yang Bapak berikan kepada kami.

Kehamilan di luar rahim yang disebut juga kehamilan ektopik adalah implantasi atau menempelnya produk kehamilan berupa zygot di luar dinding rahim, bisa di tuba fallopii, saluran penghubung antara rahim dan indung telur (tersering), kornu uterus (bagian persambungan tuba dan rahim), leher rahim, indung telur, bahkan di jaringan ikat penyokong rahim. Penyebab pastinya untuk semua kejadian belum begitu diketahui, namun adanya sumbatan atau hambatan pada jalur perlintasan sel telur menuju rahim, atau di dinding rahim, merupakan faktor risiko utama kejadian kehamilan ektopik ini. Misalnya: bekas luka pada tuba fallopii, dan bekas luka caesar pada wanita yang pernah mengalami operasi caesar. Wanita yang menjalani terapi kesuburan atau program bayi tabung juga berisiko lebih besar mengalami kejadian kehamilan ektopik.

Kehamilan ektopik tidak dapat berkembang sempurna dan pada akhirnya akan mengalami involusi (penyerapan oleh tubuh) atau pecah. Nah, kehamilan ektopik yang pecah ini merupakan kondisi yang sangat membahayakan ibu dan organ reproduksinya, karena dapat menimbulkan pendarahan dalam yang masif dalam waktu singkat, dan jika tidak segera dioperasi, tingkat fatalitasnya akibat kehilangan darah sangat besar, atau bisa diselamatkan namun salah satu organ reproduksi ibu harus diangkat. Oleh karena itu, pemantauan kehamilan ektopik harus dilakukan dengan sangat hati-hati, bahkan dianjurkan untuk menjalani operasi bahkan sebelum pecahnya kehamilan untuk menghindari komplikasi akibat pecahnya kehamilan.

Terdapat 2 tindakan terapi medis untuk kehamilan ektopik:

  • Operasi pengangkatan hasil pembuahan, sebagaimana dipaparkan diatas.
  • Suntikan obat methotrexate (tingkat keberhasilan diperkirakan sekitar 87%)

Suntikan methotrexate hanya diindikasikan untuk kehamilan ektopik yang belum pecah, dengan diameter < 3 cm, tidak ditemukan denyut jantung janin, dan tingkat hormon beta-hCG < 5000 – 15.000 mIU/ml. Selanjutnya dilakukan pengukuran kembali kadar hCG dan evaluasi USG. Suntikan methotrexate membantu “penyerapan” hasil pembuahan oleh tubuh dan kadar hormon hCG kembali normal. Meski demikian, sekitar 7% pasien masih mengalami komplikasi akibat pecahnya kantung kehamilan dan membutuhkan operasi darurat untuk menyelamatkan nyawa ibu.

Saran kami, sebaiknya Bapak membawa istri untuk kontrol kembali ke dokter dan menjalani pemeriksaan USG untuk memastikan bahwa kondisi yang dialami saat ini adalah benar kehamilan ektopik, dan telah sejauh mana perkembangannya. Jika telah dipastikan, dan dokter memang menyarankan operasi, maka Bapak dapat meminta dokter untuk menerangkan secara detail kepada istri mengenai plus minus operasi, dan apa dampaknya kepada istri jika operasi ditunda lebih lama lagi. Tidak lupa kami ingatkan bahwa memilih mafsadat yang lebih kecil dari dua jenis mafsadat yang tidak dapat dihindari tentu lebih baik dan lebih sesuai dengan anjuran syari’at.

Semoga bermanfaat.

Dijawab oleh dr. Hafidz (Pengasuh rubrik kesehatan KonsultasiSyariah.com)

KonsultasiSyariah.com didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial
  • Keterangan lebih lengkap: Peluang Menjadi Sponsor dan Donatur