Mentruasi Hanya Sehari

8157

Haid Aneh, Cuma Keluar Sehari

Assalamualaikum, Saya mau tanya dok, sudah hampir setahun lebih ini saya mengalami menstruasi yang menurut saya kurang wajar. setiap bulan saya memang rutin menstruasi tetapi hanya 1 hari di tiap bulannya. padahal bukannya harusnya menstruasi itu selama 2 sampai 7 hari. saya takut itu adalah penyakit. dan yang saya paling takutkan adalah saya tidak bisa punya anak karena hal itu. mohon penjelasannya. terima kasih. wassalamualaikum.

Dari Fenty

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarokatuh.

Terima kasih atas pertanyaan yang Ibu berikan kepada kami.

Durasi menstruasi normal pada umumnya memang berkisar antara 3-7 hari, dengan panjang siklus sekitar 21-35 hari, ada pula sumber yang menyebutkan hingga 37 hari. Durasi menstruasi yang kurang dari itu disebut juga dengan hipomenorrhea. Pada sejumlah wanita yang mengalami hipomenorrhea, tanpa dipicu oleh penyakit tertentu, tingkat kesuburannya tidak jauh berbeda dengan wanita yang memiliki siklus normal.

Namun demikian, pada kondisi Ibu, karena perubahan durasi haid menjadi sangat pendek terjadi baru satu tahun-an ini, dengan asumsi sebelumnya siklus Ibu normal, maka perlu dipikirkan adanya sebab khusus yang mendasari. Misalnya kista ovarium, atau penyakit ovarium polikistik. Atau gangguan produksi hormon di tingkat otak. Untuk menentukan penyebabnya, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut seperti USG untuk menilai kondisi ovarium dan dinding rahim, dan pemeriksaan kadar hormon reproduksi dalam darah. Saat ini pun belum bisa ditentukan apakah kondisi ini mempengaruhi tingkat kesuburan Ibu, karena terkait dengan hasil diagnosis nanti. Oleh sebab itu, kami anjurkan Ibu untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan untuk mengetahui diagnosis pasti dan solusi permasalahan yang Ibu alami.

Semoga bermanfaat.

Dijawab oleh dr. Hafidz (Pengasuh rubrik kesehatan KonsultasiSyariah.com)

KonsultasiSyariah.com didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial