Efek Ikut KB Sebelum Punya Anak

10968
suntik kb

Belum Punya Anak Ikut KB

Assalamu’alaikum wr. Wb.

Trima kasih sebelumnya sudah ada tmpat konsultasi kesehatan yg mudah d akses dan semoga bermanfaat dan barokah aamiin.
Selanjutnya sedikit kami konsultasi tentang masalah KB. Saya ini adalah seorang istri yg baru mnikah dan kebetulan juga masih
kuliah, dan kami ingin untuk sementara waktu tidak menginkan seorang anak, “maaf bukan berarti kami tidak mau punya anak”. Sampai perkuliahan ini slesai, jadi kami ingin mengikuti program KB itu, yg jadi pertanyaan kami “apakah efek dari penggunaan KB bagi yg belum punya anak??” itu saja ustad/bapak, trima kasih jazakallah khair.

Wassalamu’alaikum wr. Wb

Dari Fulanah K

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarokatuh.

Ibu yang kami hormati,

Dampak penggunaan alat kontrasepsi untuk program keluarga berencana pada dasarnya sangat dipengaruhi oleh pilihan jenis kontrasepsi yang digunakan. Berikut kami sampaikan sedikit mengenai jenis kontrasepsi sementara yang ada dan dampaknya pada tubuh:

– Kondom
Bersifat sebagai barrier yang menghalangi masuknya sperma ke dalam rahim. Kondom tidak memiliki dampak apapun terhadap kesuburan pasangan, namun terkadang dianggap memiliki tingkat kegagalan yang cukup besar dalam mencegah kehamilan.

– Diafragma dan spermisida
Sifatnya sama dengan kondom namun digunakan oleh pihak wanita, tujuannya untuk menghalangi sperma masuk ke dalam rahim. Tidak memiliki dampak pada kesuburan pasangan.

– IUD (Intra uterine device)
Kadang juga disebut dengan ‘spiral’. Mencegah terjadinya pembuahan secara fisik dan dewasa ini, hormonal, dengan memasukkan alat tertentu ke dalam rahim. Dampak pada kesuburan khususnya disebabkan oleh kandungan hormon pada alat, seperti pendarahan per vaginam yang tidak teratur dan siklus yang berubah-ubah.

– Kontrasepsi hormonal
Terdiri dari beberapa pilihan, seperti pil kombinasi berisi hormon estrogen dan progesteron, pil yang hanya berisi progestin saja, atau depot, yakni kontrasepsi berupa injeksi hormon yang dilakukan sekali dalam 1 bulan atau sekali dalam 3 bulan, dan yang terakhir adalah KB implan, dimana alat yang mengandung hormon dimasukkan ke bawah kulit, dan akan melepaskan hormon secara berkala untuk menghalangi proses ovulasi dan dengan demikian, kehamilan. Kontrasepsi hormonal meski mudah dan memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi, namun memiliki efek samping seperti perubahan siklus menstruasi yang dapat bertahan lama bahkan setelah penggunaan dihentikan, sehingga program kehamilan menjadi lebih tidak terduga setelah penggunaannya.

– Kontrasepsi alami

a. Abstinens berdasarkan tanggal ovulasi
Yakni tidak berhubungan suami istri selama beberapa waktu, kadang disebut juga dengan sistem kalender. Lebih mudah dilakukan bagi wanita dengan siklus haid dan ovulasi yang teratur. Abstinens dilakukan beberapa hari sebelum dan setelah hari perkiraan ovulasi. Metode ini tidak berdampak apapun pada kesuburan pasangan.

b. ‘Azl (koitus interruptus)
Sperma dikeluarkan diluar rahim, karena ejakulasi dilakukan diluar rahim. Tidak memerlukan abstinens, dan tidak memiliki dampak apapun pada kesuburan pasangan, namun memerlukan kontrol diri yang kuat dan persetujuan kedua belah pihak.

Semoga informasi ini bermanfaat dalam membantu memilih metode kontrasepsi yang paling aman dan sesuai dengan kebutuhan keluarga Ibu. Sebagai tambahan, sebelum memutuskan menggunakan kontrasepsi, ada baiknya Ibu juga menanyakan kepada para ustadz yang memiliki kedalaman ilmu agama, dalam kondisi apa saja atau untuk tujuan apa saja seseorang itu diperbolehkan untuk menggunakan kontrasepsi, sehingga kelak Ibu sekeluarga senantiasa terbimbing diatas ilmu yang benar.

Semoga bermanfaat.

Dijawab oleh dr. Hafidz (Pengasuh rubrik kesehatan KonsultasiSyariah.com)

KonsultasiSyariah.com didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial