Plasenta Rendah di Awal Kehamilan

2689

Plasenta Rendah di Awal Kehamilan

Pertanyaan :
Assalamu’alaikum, wr, wb….begini dok saat ini saya sedang hamil 13 minggu, sudah 2 hari ini perut did bag bawah terasa sakit spti mau haid Dan keluar plek hitam Dan td pagi jam 3 keluar darah merah ttp sedikit. Stlah saya periksa ke bidan ktnya plasenta nya ada dibawah…. yg mau sy tanyakan apakah wajar kehamilan di awal trimester ke dua plasenta ada dbwh? Bahayakah ntk janin sy dng adanya pendarahan tsb? Apa yg hrs sy lakukan? Mohon penjelasan… Trimakasih. Wassalamu’alaikum wr, wb.

Dari Aty

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarokatuh.

Terima kasih atas pertanyaan yang Ibu berikan kepada kami.

Posisi plasenta yang rendah pada awal kehamilan wajar dijumpai, dan umumnya seiring dengan pertambahan usia kehamilan dan pembesaran rahim, plasenta akan bergerak makin ke atas sehingga leher rahim terbuka untuk persalinan. Namun jika di akhir trimester dua atau awal trimester tiga posisi plasenta masih di segmen terbawah rahim atau menutupi jalan lahir, maka kondisi ini dapat disebut dengan plasenta previa dan biasanya menimbulkan pendarahan dalam jumlah cukup banyak. Adapun pendarahan akibat posisi plasenta yang rendah di awal trimester dua jarang disebabkan oleh plasenta previa.

Keluhan yang Ibu alami berupa keluarnya flek hitam, kemudian darah, dan disertai nyeri di perut bagian bawah, menurut kami memerlukan pemeriksaan yang lebih seksama, karena bisa saja nyeri tersebut merupakan manifestasi kontraksi rahim. Jika kontraksi rahim semakin sering dan menguat, dikhawatirkan bisa terjadi persalinan sebelum waktunya, yang tentunya membahayakan janin. Oleh karena itu, terlepas dari benar tidaknya darah tersebut diakibatkan oleh posisi plasenta di bagian bawah rahim, kami sarankan Ibu untuk segera memeriksakan diri ke dokter kandungan yang biasa menangani Ibu, untuk melakukan evaluasi kehamilan dan kondisi janin saat ini. Selain itu, sebaiknya Ibu menghindari beraktivitas berat, dan lebih banyak tirah baring (bed rest) sambil menunggu hasil pemeriksaan.

Semoga bermanfaat.

Dijawab oleh dr. Hafidz (Pengasuh rubrik kesehatan KonsultasiSyariah.com)

KonsultasiSyariah.com didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial