Sakit Ambeien Pada Wanita Hamil

2206
wasir

Mengatasi Ambeien Ketika Hamil

Assallamualaikum .
Berbahaya tidak sakit Ambeien pada wanita yang sedang hamil 3-4 bulan, Pada janin dan ibunya. Terima kasih atas jawabannya.

Dari Edi

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarokatuh.

Terima kasih atas pertanyaan yang Bapak berikan kepada kami.

Ambeien atau wasir merupakan keluhan yang cukup sering ditemukan pada wanita hamil, biasanya pada usia kehamilan mencapat trimester 2 akhir atau trimester 3, saat volume darah meningkat, dan tekanan dalam rongga perut dan panggul menjadi lebih besar. Namun ambeien bisa saja terjadi pada trimester pertama kehamilan.

Ambeien digolongkan sebagai keluhan minor saat kehamilan, dan tidak membahayakan bagi ibu dan janin, meskipun dapat menimbulkan rasa nyeri, gatal, dan tidak nyaman pada ibu, yang dapat meresahkan dan membuat aktivitas harian terasa lebih berat. Untuk mengatasinya, sebaiknya ibu hamil melakukan pencegahan konstipasi (seperti konsumsi makanan berserat atau suplemen serat jika diperlukan dan olahraga rutin) sebab konstipasi dapat memperburuk ambeien, menghindari duduk lama (sering-sering ganti posisi tubuh seperti berbaring atau berdiri), kompres daerah yang terasa nyeri dan gatal dengan kompres dingin, atau gunakan krim untuk ambeien sesuai dengan yang diresepkan oleh dokter kandungan ibu.

Semoga bermanfaat.

Dijawab oleh dr. Hafidz (Pengasuh rubrik kesehatan KonsultasiSyariah.com)

KonsultasiSyariah.com didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial