Mis V Gatal dan Iritasi [Kesehatan Wanita]

1789
mis v

Iritasi Pada Mis V

Assalamualaiku, Sudah hampir 6 bulan saya selalu mengalami keputihan berwarna hijau kental yang berbau amis, gatal-gatal pada mis v, sering pula ada bintik seperti biang keringat. Pertanyaan:

  1. Apakah itu termasuk bakteri atau jamur?
  2. Apakah itu termasuk infeksi nonspesifik atau spesifik?
  3. Bagaiman cara mengatasi hal demikian.

Terima kasih dok mohon jawabannya.

Dari Ayu

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarokatuh.

Terima kasih atas pertanyaan yang diberikan kepada kami.

Keputihan pada wanita dapat disebabkan oleh berbagai kondisi, dan meskipun sebagian keputihan akibat infeksi memiliki ciri yang cukup khas, namun untuk memastikannya, tetap diperlukan tes diagnostik tertentu. Keputihan yang berwarna kehijauan disertai gatal-gatal, berdasarkan ciri-cirinya, kemungkinan disebabkan oleh infeksi organisme trikomonas (trikomoniasis). Ciri lain dari trikomoniasis yang tergolong infeksi menular seksual ini adalah keputihan kadang tampak seperti berbusa, serta iritasi dan rasa tidak nyaman saat berhubungan intim atau saat berkemih. Untuk lebih pastinya, kami sarankan Saudari untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit dan kelamin. Selain pemeriksaan fisik, dokter biasanya akan mengambil sampel cairan vaginal untuk mengecek ada tidaknya organisme trikomonas disana.

Istilah infeksi spesifik dan non-spesifik digunakan sehubungan dengan organisme penyebab keluhan yang dialami. Jika organismenya telah diketahui, maka infeksinya tergolong spesifik, dan jika tidak maka infeksinya digolongkan ke dalam infeksi non-spesifik. Pada kasus yang Saudari alami, penentuannya dapat sekaligus dilakukan setelah pemeriksaan. Jika benar trikomoniasis, maka ini adalah tipe infeksi yang spesifik.

Penanganan pada kondisi ini idealnya merujuk pada hasil diagnosis organisme penyebab timbulnya keluhan. Jika memang trikomoniasis, maka dokter kemungkinan akan meresepkan obat-obatan yang efektif melawan organisme tersebut, seperti metronidazole atau tinidazole. Jika ternyata keluhan disebabkan oleh organisme lain, jamur misalnya, maka obat yang akan diberikan pun adalah dari golongan anti jamur. Sebagai pelengkap, hendaknya jagalah hiegenitas organ kewanitaan dengan sering mengganti pakaian dalam dan memilih pakaian dalam dari jenis katun yang menyerap kelembaban, dan menghindari penggunaan zat di sekitar daerah kewanitaan yang dapat menimbulkan kekeringan dan iritasi (misalnya yang mengandung parfum).

Semoga bermanfaat.

Dijawab oleh dr. Hafidz (Pengasuh Rubrik Kesehatan KonsultasiSyariah.com)

KonsultasiSyariah.com didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial
  • Keterangan lebih lengkap: Peluang Menjadi Sponsor dan Donatur