Benjolan di Bibir Vagina [Kesehatan Wanita]

6336
kesehatan vagina

Kesehatan Vagina

Dokter, saya wanita berumur 20 tahun belum menikah, saya mau nanya, keganjalan ini saya rasakan sejak usia 15 tahun, saya tdk pernah mengecek kondisi vagina saya, tapi di usia 15 tahun tiba-tiba saja ada gumpalan daging berwarna merah hitam di vagina saya, dan jika posisi saya berdiri daging itu menonjol keluar, padahal sebelumnya tdk ada daging itu. Selama 5 tahun saya membiarkan saja dan tdk mencoba konsultasi ke dokter. Mengingat tidak ada rasa nyeri sedikitpun.cuma saya merasa terganggu dengan keadaan ini. Apakah itu termasuk penyakit membahayakan? Mohon kejelasannya.
Terima kasih

Dari sdri. UUT

Jawaban:

Terima kasih atas pertanyaan yang diberikan kepada kami.

Benjolan di daerah vagina dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya:

  • Kista inklusi, kista kelenjar Bartholin, kista duktus Gardner, atau kista Mullerii. Kista merupakan benjolan berisi cairan yang diliputi oleh selapis tipis kulit, dan biasanya timbul akibat sumbatan pada kelenjar di sekitar vagina. Kista tidak membahayakan, dan kadang tidak bergejala sama sekali, atau hanya menimbulkan gangguan secara kosmetik/tampilan.
  • Tumor, yang berasal dari dinding vagina.
  • Kanker, berasal dari dinding vagina.

Tumor atau kanker bersifat lebih serius dan membutuhkan pemeriksaan lebih lanjut dan mungkin juga operasi, terkadang disertai pendarahan di luar siklus atau rasa gatal yang menetap. Meskipun lebih lazim didapati pada wanita berusia diatas 40 tahun, namun bisa pula ditemukan pada mereka yang berusia lebih muda.

Untuk memastikannya, sebaiknya Saudari memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan, agar dapat dinilai sejak dini apakah benjolan tersebut membahayakan ataukah tidak, perlu dioperasi atau tidak, atau cukup dengan modifikasi gaya hidup. Pemeriksaan awal ini penting untuk dilakukan, meskipun tidak ada keluhan lain yang dialami, seperti nyeri, pendarahan, dll, karena beberapa tumor atau kanker memiliki sifat demikian di awal dan baru bergejala saat sudah sampai pada stadium lanjut yang lebih sulit untuk ditangani.

Semoga bermanfaat.

Dijawab oleh dr. Hafidz (Pengasuh Rubrik Kesehatan KonsultasiSyariah.com)

KonsultasiSyariah.com didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial