Mengatasi Disfungsi Ereksi

mengobati ejakulasi dini

Mengatasi Ereksi Tak Tahan Lama

Pertanyaan:

Dok. bagaimana cara mengobati penyakit saya berikut:
– Ereksi Tidak tahan lama
– Ejakulasi dini kurang lebih sudah 1 tahun
Syukron tuk solusinya

Jawaban:

Ereksi dan ejakulasi dini adalah penyakit yang merupakan momok menakutkan bagi laki-laki. Kami harap anda bisa bersabar dan berharap pahala atas ujian ini. Oleh orang awam peyakit ini disebut dengan Lemah syahwat. Adapun Istilah medis adalah disfungsi ereksi yaitu keadaan di mana laki-laki tidak mampu mendapatkan dan atau mempertahankan ereksi untuk aktivitas seksual yang memuaskan.

Cirinya bisa jadi salah satu dari hal berikut:

  • Hasrat yang berkurang (hiposeksualitas).
  • Kemampuan ereksi berkurang (impotensia) atau tidak mampu sama sekali.
  • Ejakulasi dini.
  • Tidak dapat orgasme (anorgosmia).

Penyebabnya secara umum ada dua:

  1. Sebab psikologis
  2. Sebab patologis (karena ada penyakit)

Yang perlu kami tekankan adalah penyebab terbanyak adalah Sebab psikologis bisa jadi karena depresi, kecemasan dan kekhatiran. Misalnya sedang menghadapi suatu masalah yang berat. Atau bisa jadi mengalami trauma, artinya sudah takut duluan sebelum melakukan senggama, takut tidak bisa memuaskan istri atau takut istri merasa kesakitan dan lain sebagainya. Untuk penyebab psikologis anda bisa berkonsultasi dengan psikolog atau jika ada androlog (ilmuan ahli seksualitas laki-laki) di daerah anda. Anda bisa berkonsultasi dan melakukan konseling. Karena untuk hal ini perlu dilakukan komunisasi langsung dua arah dan dilakukan secara berkala serta intensif.

Adapun sebab patologis, penyebabnya bisa penyakit diabetes mellitus, ganguan peredaran darah dan gangguan saraf. Jika sebabnya patologis, maka penyakit yang mendasari harus disembuhkan terlebih dahulu. Anda perlu melakukan pemeriksaan ke dokter. Saran kami lebih baik anda konsultasi ke androlog jika memang ada di daerah anda. Anda akan mendapatkan terapi dan tips bagaimana mengatasi ejakulasi dini.

Ringkasnya untuk pengobatan lemah syahwat adalah memeriksakan apakah sebabnya patologis atau psikis. Jika sebabnya patologis misalnya diabetes, maka gula darah harus di kontrol dahulu. Adapun jika sebabnya psikis maka perlu konseling dan melakukan pendekatan psikologis dan tentunya peran istri sangat besar dalam hal ini, menghibur dan memberi dukungan.

Kemudian perlu juga melakukan perubahan pola hidup yang sehat. Misalnya,

  1. Berhenti mengkonsumsi alkohol
  2. Berhenti merokok
  3. Hindari stres
  4. Diet makanan sehat
  5. Tidak menggunakan narkoba
  6. Komunikasi dengan pasangan

Dan yang paling penting adalah keterbukaan dan tidak perlu malu berobat. Karena kebanyakan pasien malu memeriksakan diri. Akhirnya, diam-diam pergi ke dukun atau pengobatan yang masih kurang jelas keamanannya seperti herbal, ramuan-ramuan atau metode yang berbahaya bagi tubuh. Perlu juga kesabaran menungu reaksi pengobatan. Karena yang sering dijumpai, pasien sering tidak sabar, baru satu dua kali terapi dan belum berhasil, diangap gagal, akhirnya berobat sana-sini tanpa hasil.

Demikian semoga bermanfaat.

Dijawab oleh: dr. Raehanul Bahraen (Alumni Fakultas Kedokteran UGM, sedang menempuh spesialis patologi klinik di Fakultas Kedokteran UGM)

Anda bisa membaca artikel ini melalui aplikasi Tanya Ustadz untuk Android.
Download Sekarang !!

KonsultasiSyariah.com didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial