Daun Sirsak untuk Mengobati Mioma

Mengecilkan mioma ketika hamil dengan air rebusan daun sirsak

Pertanyaan:

Assalamualaikum
dok, saya ingin bertanya, saya menderita penyakit miom yang ukurannya 8 cm. setelah mengetahui penyakit ini saya minum obat herbal dan air rebusan daun sirsak. setelah sebulan kemudian saya hamil. lalu yang ingin saya tanyakan apakah miom ini dapat mengecil setelah. Saya hamil tanpa meminum obat herbal dan air rebusan daun sirsak lagi??
Terimakasih sebelumnya dan mohon dijawab 

Jawaban:

Wa’alaikumssalam,

Mioma adalah benjolan/tumor jinak pada dinding rahim. berasal dari sel jaringan fibro, oleh karena itu disebut juga tumor fibroid. Sebutan lainnya adalah mioma, myom, tumor otot rahim atau tumor fibroid.

Mioma dengan ukuran 8 cm termasuk yang cukup besar. Biasanya mioma dalam rongga rahim (mioma submukosum) dengan ukuran 3 cm. Ini sudah bisa mengganggu dan dianggap besar. Sedangkan mioma diluar rahim yaitu mioma subserosum, ukuran 3 cm masih dibilang kecil. Pengaruh mioma terhadap kehamilan Ini tergantung dengan:

  • Jenis dan lokasi mioma.
  • Ukuran mioma.
  • Ada kelainan lain yang bersama mioma.

Dan  selama kehamilan nanti perkembangan miom akan dipantau, apakah miom akan menghalangi kelahiran atau tidak, apakah menganggu janin atau tidak. Jika iya, maka akan dipertimbangkan untuk operasi mengangkat miom.

Memang dilaporkan miom bisa mengecil dan hilang sendiri. Itu terjadi dengan berbagai faktor yang belum diketahui secara jelas. Akan tetapi ini sangat jarang. Biasanya mioma tetap ada dirahim akan tetapi ukurannya tetap kecil dan tidak membesar. Mioma dengan ukuran kecil tidak terlalu membahayakan.

Mengenai air rebusan daun sirsak, ada sumber yang menyatakan bisa mengecilkan miom aalasannya didalam daun sirsak mengandung senyawa acetogenins (senyawa anti kanker) yang dapat menghambat pertumbuhan Adenosina Trifosfat yang merupakan sumber energi pertumbuhan sel kanker. Akan tetapi hal ini perlu penelitian yang ilmiah dan pengalaman tabib yang terpercaya. Mengenai dosis dan indikasinya serta cara peggunaannya. Jika memang sudah terbukti, silahkan digunakan dan semoga berkhasiat

Saran kami, sebaiknya anda kontrol rutin ke dokter spesialis kandungan, memerikasakan dan memantau perkembangan mioma selama kehamilan. Kami harap bisa mengecil dan anda bisa melahirkan degan normal.
demikian semoga bermanfaat.

Dijawab oleh: dr. Raehanul Bahraen (Alumni Fakultas Kedokteran UGM, sedang menempuh spesialis patologi klinik di Fakultas Kedokteran UGM)

Anda bisa membaca artikel ini melalui aplikasi Tanya Ustadz untuk Android.
Download Sekarang !!

KonsultasiSyariah.com didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial