Gigi Sering Keropos

kesehatan gigi

Gigi Keropos

Pertanyaan:

Sya mau bertanya tentang masalah gigi kropos.bagai mana cara mengobati atau mengobati agar tidak menjalar ke ke gigi yg lain.mohon solusi’a trimakasih.

Jawaban:

Penyebab utama gigi keropos adalah kurangnya asupan kalsium dan mineral, karenanya banyak terjadi di negara dengan kejadian kekurangan gizi yang tinggi. Sebagian orang menyangka karena kuman atau bakteri yang menginfeksi mulut dan gigi, tetapi kekurangan kalsium dan mineral adalah penyebab utamanya. Karenanya kita bisa mendapati ibu hamil yang kekurangan gizi, terutama asupan kalsium, beberapa giginya kropos dan tanggal karena kekurangan kalsium, dimana kalsiumnya terambil oleh janin sedangkan asupan kalsium kurang ketika hamil.

Selain itu gigi mudah keropos juga bisa karena  faktor keturunan. Jika ibunya mudah keropos giginya, bisa jadi anaknya juga mengalami gigi keropos. gen ibu yang kurang mengandung mineral dan kalsium menurun dan sehingga anak juga kekurangan kalsium.

Sebab lainnya adalah adanya plak yang tidak dibersihkan. Plap adalah tempat berkumpulnya mikroorganisme yang bisa menghasilkan zat yang bersifat asam dan ini bisa mengikis lapisan gigi. Gigi mudah rapuh dan akhirnya keropos

Solusinya jika gigi mudah keropos yaitu:

  • Kontrol rutin ke dokter gigi
  • Mengontrol plak gigi dengan rutin membersihkannya
  • Menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride, bisa juga dengan obat kumur
  • Jangan sering makan makanan yang bisa menimbulkan plak misalnya karbohidrat pada cemilan yang manis

Dijawab oleh: dr. Raehanul Bahraen (pengasuh rubrik kesehatan konsultasisyariah.com)

Anda bisa membaca artikel ini melalui aplikasi Tanya Ustadz untuk Android.
Download Sekarang !!

KonsultasiSyariah.com didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial