Aktivitas Berat Setelah Operasi Caesar

5920
bekas operasi cesar

Bolehkan Melakukan Aktivitas Berat Setelah Operasi Caesar?

Assalamualaikum dokter, berapa lama waktu yg di perbolehkan mengangkat beban berat setelah operasi cesar? sebap anak saya yang pertama masih kecil suka minta gendong, apalagi yang pertama juga cesar. terimakasih atas jawabanya.

Dari Ibu Lili Jumiati

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullaaahi wabarokaatuh.

Terima kasih atas pertanyaan yang Ibu berikan kepada kami.

Setelah operasi caesar, selama lebih kurang 6 minggu, sebaiknya Ibu tidak mengangkat beban yang lebih berat dari bayi yang Ibu lahirkan. Hal ini dimaksudkan agar luka operasi menyembuh dengan baik dan organ-organ reproduksi dapat kembali ke keadaan sebelum operasi dengan lebih baik. Jika si kakak masih ingin minta gendong sebelum 6 minggu tersebut, gendonglah dalam keadaan ibu duduk di kursi atau di atas tempat tidur, atau mintalah kepada suami atau keluarga yang merawat ibu untuk menggendongnya dulu. Berikan pengertian dengan kata-kata sederhana kepada si kakak bahwa ibunya baru saja mengalami luka, dan lukanya sakit kalau harus menggendongnya dulu. Sebagai alternatifnya, banyak-banyak merangkul dan mengajak ngobrol si kakak jika ada waktu, agar ia tidak merasa tersisih.

Semoga bermanfaat.

Dijawab oleh dr Hafidz (Pengasuh Rubrik Kesehatan Konsultasisyariah.com)

Anda bisa membaca artikel ini melalui aplikasi Tanya Ustadz untuk Android.
Download Sekarang !!

KonsultasiSyariah.com didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial