Keluar Cairan Setelah Berhubungan Suami Istri

14954
berhubungan intim sesudah sahur

Keluar Cairan Kental Setelah Kencing

Asalamualaikum
Dok saya mau bertanya kenapa ya setiap saya setelah berhubungan intim sama suami cairan suami saya suka keluar kembali setelah beberapa jam atau pagi hari keluarnya barengan sama air kencing saya tidak ngerti setiap buang air kencing keluar terus seperti keputihan tapi banyak apa solusinya dok tolong d bantu.

Dari ibu Indah

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullaahi wabarokaatuh.

Terima kasih atas pertanyaan yang diberikan kepada kami.

Cairan ejakulat yang dikeluarkan pria saat ejakulasi mengandung beberapa komponen, seperti sel sperma, fruktosa, air, dll. Cairan ini pada awal dikeluarkan memang bersifat kental dan berwarna cenderung putih, namun setelah beberapa lama berada diluar tubuh, cairan kental ini akan mengalami likuefaksi, perubahan menjadi encer. Ejakulat yang dikeluarkan saat hubungan suami istri biasanya tertampung di lekukan di belakang leher rahim, dan yang bergerak masuk ke dalam rahim sejumlah kecil yang membawa jutaan sel sperma.

Setelah hubungan suami istri, jika dirasakan ada cairan yang keluar, maka kemungkinan besar itu merupakan sisa ejakulat yang telah mengalami pengenceran, khususnya jika ejakulat keluar dalam jumlah besar (beberapa mL). Ini hal yang normal dan tidak perlu dirisaukan, dan tidak berhubungan dengan kemandulan atau kelainan lainnya. Hanya saja, beberapa pakar kebidanan dan kandungan menyarankan jika suami istri mengharapkan kehamilan, maka hendaknya setelah berhubungan istri beristirahat sejenak, 30-45 menit, tidak langsung bangkit beraktifitas, seperti mandi. Adapun cairan yang keluar setelah itu, tidak membahayakan.

Semoga bermanfaat.

Dijawab oleh: dr Hafidz (Pengasuh Rubrik Kesehatan Konsultasisyariah.com)

Anda bisa membaca artikel ini melalui aplikasi Tanya Ustadz untuk Android.
Download Sekarang !!

KonsultasiSyariah.com didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial
SHARE
Previous articlePilek Menahun
Next articleSakit Ketika Ereksi
dr. Hafidz, salah satu pembina konsultasi kesehatan di situs KonsultasiSyariah.com Beliau adalah alumni fakultas kedokteran UGM, dan saat ini sedang menyelesaikan Pendidikan Dokter Spesialis jantung dan pembuluh darah.