Kulit Terasa Gatal, Tebal Dan Agak Mati Rasa

Kulit Terasa Gatal dan Tebal

Pertanyaan:

Saya wanita 25 tahun dok, paha saya seperti terasa tebal kulitnya ketika digaruk dan ketika gatal, terus digaruk yang terasa malah daerah disekitarnya, sehingga saya cubit baru terasa, akhir-akhir ini betis saya pun terasa demikian.. mohon pencerahannya penyakit apa yg saya alami? apa penyebabnya? dan bagaimna mengobatinya.. terima kasih

Jawaban:

Kemungkinan anda terkena penyakit dermatitis atau lebih dikenal dengan eksim, yaitu bentuk penyakit kulit yang erat kaitannya dengan alergi nampak seperti meradang atau iritasi. Jika kambuh, kulit terasa gatal, lebih tebal dan terasa tebal akibatnya seperti mati rasa. Terkadang sekamin digaruk gatal semakin menyebar dan ada sensasi enak ketika digaruk.

Eksim banyak jenisnya, yang paling sering dijumpai adalah eksim atopik atau dermatitis atopik. Eksim ini yang terkait dengan keturunan dan diperparah dengan kondisi lingkungan dan daya tahan tubuh yang kurang baik. Umumnya muncul pada usia di atas 2 tahun dan akan menghlang dengan bertambahnya usia, akan tetapi banyak juga yang akan menderita seumur hidup. Eksim dapat dikendalikan denganmencegah muncul dan kekambuhannya.

Penyebabnya umumnya alergi atau pemicunya seperti:

  • Stress dan kelelahan.
  • Makanan misalnya susu, telur, udang, terasi dan ikan.
  • Beberapa obat-obatan.
  • Debu rumah, asap, spora jamur dan serbuk sari tumbuhan.
  • Udara ekstrim misalnya lembab dan udara panas.
  • Serangga misalnya semut, nyamuk, tawon, ulat.

Kami sarankan anda periksa ke dokter kulit. Anda bisa juga meminum antihistamin (antigatal) ringan seperti CTM (membuat mengantuk) atau cetirizine (tidak mengantuk), tentu denganpengawasan dokter.

Dijawab oleh dr. Raehanul Bahraen (pengasuh kesehatan www.konsultasisyariah.com)

Anda bisa membaca artikel ini melalui aplikasi Tanya Ustadz untuk Android.
Download Sekarang !!

KonsultasiSyariah.com didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial