Usus Keluar Saat BAB

2639
wasir

Wasir Pada Anak

Assalamu’alaikum wr wb

Perkenalkan dok, nama saya Fitri. saya mempunyai adik berumur 6 th. adik saya itu punya masalah pada lubang anusnya. jadi pada lubang anusnya keluar seperti lidah jika di pegang teksturnya licin, apakah itu termasuk penyakit ambeien? Apakah itu penyakit berbahaya? Apa yang bisa kami lakukan untuk mengurangi resiko yang mungkin bisa timbul?

Terimakasih
Fitri Yanti

Jawaban:

Wa’alaikumussalaam warahmatullaahi wabarokaatuh.

Terima kasih atas pertanyaan yang disampaikan kepada kami.

Ada beberapa kemungkinan diagnosis untuk daging yang tampak keluar dari anus, diantaranya memang adalah hemorrhoid atau wasir, atau prolaps rektal. Prolaps rektal adalah kondisi keluarnya dinding rektum melalui anus karena berbagai hal, sebagai contohnya, konstipasi dalam waktu cukup lama. Kedua kondisi tersebut jinak, namun membutuhkan perhatian yang seksama, dan perawatan sejak dini agar tidak semakin berat. Keduanya bisa membaik jika faktor-faktor yang menyebabkannya segera ditangani;

  • Untuk konstipasi, anak hendaknya diberikan cukup minum, buah-buahan, dan jika perlu, laksansia untuk memudahkan buang air besarnya.
  • Untuk diare, tergantung sebabnya, jika akibat intoleransi, makanan yang tidak cocok dijauhi dulu, jika akibat infeksi, infeksi diobati dengan obat yang sesuai.
  • Memperbaiki kebiasaan buang air anak, dengan mengajarkannya untuk tidak menahan-nahan buang air apabila sudah ada dorongan untuk itu (terkadang anak malas buang air akibat toilet kotor, sedang asyik bermain, nyeri, dll)

Jika setelah perawatan awal di atas keluhan masih menetap, sebaiknya anak dibawa ke dokter untuk diperiksakan lebih lanjut.

Semoga bermanfaat.

Dijawab oleh: dr Hafidz (Pengasuh Rubrik Kesehatan Konsultasisyariah.com)

Anda bisa membaca artikel ini melalui aplikasi Tanya Ustadz untuk Android.
Download Sekarang !!

KonsultasiSyariah.com didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial