Mungkinkah Jamaah Haji Tertular Virus MERS?

1334
jamaah haji terkena virus MERS

Tanda-tanda Orang Terkena Virus MERS

Pertanyaan:

Kami membaca kalau di Arab saat ini masih banyak kasus virus MERS yang cukup berbahaya. Kalau para jemaah haji kembali ke tanah air, apa mungkin membawa virus itu? Bagaimana tanda-tandanya orang terkena virus MERS?

Jawaban:

Terima kasih atas pertanyaan yang diberikan kepada kami.

Virus MERS disebut juga MERS-CoV (MERS coronavirus), merupakan penyebab penyakit MERS (Middle East Respiratory Syndrome). Virus ini ditularkan dari ke orang sakit ke sehat melalui kontak langsung, seperti pada mereka yang merawat pasien MERS atau hidup bersama mereka (misalnya, keluarga). Penemuan pertama dan kejadian terbanyak MERS terjadi di semenanjung Arab, sehingga mereka yang akan pergi maupun kembali dari daerah tersebut harus berhati-hati agar tidak tertular penyakit ini. Beberapa tanda dan gejala orang terinfeksi virus MERS-CoV adalah Penyakit pernafasan akut dan berat, yang dicirikan oleh demam, batuk, dan kesulitan bernafas. Beberapa pasien menunjukkan gejala di saluran cerna, seperti diare dan muntah. Komplikasi berat dapat mengikuti seperti pneumonia dan gagal ginjal.

Orang yang baru saja pulang dari semenanjung Arab, baik dari perjalanan haji maupun selainnya, memang berpeluang terinfeksi virus tersebut, khususnya mereka yang menunjukkan gejala seperti diatas, atau pernah kontak dekat dengan penderita MERS. Oleh karena itu, sebaiknya orang tsb dan keluarga/org di lingkungannya waspada dan segera memeriksakan diri bila menderita gejala dan tanda seperti diatas, meskipun baru salah satunya atau masih dirasa ringan.

Semoga bermanfaat.

Dijawab oleh dr. Hafidz (Pengasuh Rubrik Kesehatan Konsultasisyariah.com)

Anda bisa membaca artikel ini melalui aplikasi Tanya Ustadz untuk Android.
Download Sekarang !!

KonsultasiSyariah.com didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial