Pemanis untuk Diabetes

2192
pemanis untuk penyakit gula

Pemanis untuk Diabetes

Pertanyaan:

Dokter yang kami hormati,

Keluarga saya ada yang menderita diabetes. Setahu saya, orang diabetes itu tidak boleh makan makanan bergula. Tapi bagaimana dengan pemanis buatan, boleh tidak? Terima kasih.

Jawaban:

Terima kasih atas pertanyaan yang diberikan kepada kami.

Perlu kami luruskan bahwa pasien diabetes tetap bisa mengkonsumsi makanan manis ataupun bergula, namun dengan takaran dan frekuensi yang terkontrol, sehingga lonjakan gula darah dapat dikendalikan. Selain itu, jenis makanan yang dikonsumsi juga berpengaruh. Sebagai contoh, buah-buahan juga mengandung gula alami, namun karena juga mengandung serat, sehingga gula darah tidak meningkat drastis setelah mengkonsumsinya, jadi tetap dibolehkan dalam porsi yang wajar.

Mengenai pemanis buatan, terdapat beberapa jenis, dan karena pemanis buatan rendah kalori, maka boleh digunakan sebagai pengganti gula. Beberapa jenis pemanis buatan seperti acesulfam, aspartam, sukralosa, dan stevia. Stevia merupakan jenis yang berasal dari 100% bahan tumbuhan, dan rasa manis yang dihasilkannya melebihi gula biasa (sukrosa). Stevia juga diklaim dapat menekan gula darah, menurunkan tekanan darah, anti kanker, anti peradangan, dan anti diare, sehingga cukup aman dikonsumsi penderita diabetes maupun selainnya.

Semoga bermanfaat.

Dijawab oleh dr Hafidz (Pembina rubrik kesehatan Konsultasisyariah.com)

Anda bisa membaca artikel ini melalui aplikasi Tanya Ustadz untuk Android.
Download Sekarang !!

KonsultasiSyariah.com didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial