Sering Kencing Siang dan Malam Hari

2857
sering kencing

Sering Kencing Anyang-anyangan

Saya umur 51 laki-laki sering kencing bila minum air putih sudah hampir sebelum puasa tahun ini dok kadang kencing tidak tuntas dan masih menetes  jadi kaya anyang-anyangan saya ada gejala gula dan kadang timbul gatal-gatal kalau lagi berkeringat terima kasih dok untuk solusinya?

Dari Pak Mitra

Jawaban:

Terima kasih atas pertanyaan yang Bapak berikan kepada kami.

Buang air kecil tidak tuntas pada pria, khususnya diatas 30 tahun, kemungkinan merupakan tanda adanya penyumbatan di saluran kemih. Kemungkinan ini bukan satu-satunya, namun merupakan yang tersering dijumpai dalam praktek, dan penyebabnya antara lain adalah:

  • Pembesaran prostat jinak (benign prostatic hyperplasia/BPH)
  • Batu saluran kemih
  • Infeksi saluran kemih
  • Pada penderita diabetes, terlebih dalam jangka panjang dengan kontrol gula darah yang buruk, kerusakan saraf

Selain buang air kecil tidak tuntas, tanda lain dari BPH adalah sulit memulai kencing, aliran melemah atau bercabang, sulit menahan kencing, kencing sering kali di malam hari, dan kencinh tersendat-sendat. Bila pasien juga mengalami gejala diabetes, dimana diabetes juga akan menyebabkan pasien sering minum dan sering berkemih, gejalanya dapat lebih berat. BPH sendiri bisa ditangani dengan obat-obatan seperti tamsulosin atau finasteride, atau dengan operasi.

Saran kami, sebaiknya Bapak memeriksakan diri ke dokter, seperti dokter spesialis urologi atau penyakit dalam, untuk mengetahui penyebab gangguan berkemih yang Bapak alami. Dokter akan melakukan serangkaian tes yang dianggap perlu, seperti foto radiologi saluran kemih (foto polos, BNO-IVP yang menggunakan kontras), pemeriksaan darah, juga gula darah. Nantinya, dokter yang memeriksa tersebut yang lebih berwenang menentukan apakah Bapak memerlukan obat ataukah operasi. Disamping itu, karena Bapak memiliki gejala penyakit diabetes, hendaknya Bapak melakukan kontrol gula dengan baik, yang dapat diawali dengan olahraga teratur dan diet diabetes. Pengontrolan kadar gula darah, pemakaian sabun yang dapat menjaga kelembaban kulit dan segera mengganti pakaian atau mengelap bagian tubuh yang berkeringat juga, dan menaburkan bedak setelahnya, diharapkan dapat membantu meringankan keluhan gatal-gatal yang Bapak rasakan.

Semoga bermanfaat.

Dijawab oleh dr Hafid (Pengasuh rubrik kesehatan Konsultasisyariah.com)

Anda bisa membaca artikel ini melalui aplikasi Tanya Ustadz untuk Android.
Download Sekarang !!

KonsultasiSyariah.com didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial