Stroke di Usia Muda

1774
tanda stroke

Stroke di Usia Muda

Pertanyaan:

Pak dokter, apakah benar stroke bisa mengenai orang berusia muda, 20-30 tahun an? Yang saya tahu, stroke itu penyakit orang tua. Tapi beberapa waktu lalu saya ada baca di internet, kalau stroke juga bisa terjadi pada yang lebih muda.

Jawaban:

Terima kasih atas pertanyaan yang diberikan kepada kami.

Stroke terjadi ketika pembuluh darah yang bertugas menyuplai darah berisi nutrisi dan oksigen mengalami penyumbatan, atau pecah. Akibatnya, daerah yang disuplai tidak mendapatkan darah, sehingga sel otak ‘sekarat’ dan jika tidak segera ditangani dalam hitungan menit. Bagian otak tersebut pun tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Memang benar stroke lebih banyak mengenai lansia, diatas 50-60 tahun, dan jenis kelamin laki-laki, terdapat beberapa kondisi dimana stroke dapat mengenai mereka yang berusia lebih muda, diantaranya:

  • Kelainan anatomis pembuluh darah otak, seperti aneurisma (pembuluh darah melebar dan dindingnya melemah). Kelainan ini terjadi di usia dini dan sulit dideteksi karena cenderung tidak bergejala, biasanya ditemukan tanpa sengaja saat pemeriksaan rutin.
  • Penyakit hipertensi esensial, dimana tekanan darah tinggi terjadi sejak usia muda tanpa disebabkan oleh penyakit/gangguan kesehatan lainnya.
  • Penyakit jantung seperti kebocoran katup, infeksi katup, penyakit jantung rematik.
  • Penyakit pada pembuluh vena, seperti trombosis vena dalam.
  • Emboli, seperti emboli amnion paska persalinan atau emboli lemak paska operasi besar seperti operasi tulang.

Selain itu, perubahan gaya hidup yang lebih sedenter, konsumsi makanan tak sehat (tinggi lemak tak sehat, garam, gula, penyedap, dll), stres fisik dan emosional yang tinggi, secara tidak langsung meningkatkan peluang dewasa muda untuk terkena stroke. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi setiap orang untuk memperbaiki pola aktivitas, kerja, dan makannya, untuk menurunkan risiko terkena stroke di usia muda.

Semoga bermanfaat.

Dijawab oleh dr. Hafidz (Pengasuk rubrik kesehatan Konsultasisyariah.com)

Anda bisa membaca artikel ini melalui aplikasi Tanya Ustadz untuk Android.
Download Sekarang !!

KonsultasiSyariah.com didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial