Mengobati Kutu Air

4233

Cara Mengobati Kutu Air

Pertanyaan:

Assalaamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh.

Dokter, bagaimana cara mengobati kutu air? Kebanyakan ibu rumah tangga kakinya sering terkena air dan karena itu juga sering gatal-gatal, kata orang kutu air. Bolehkah diobati dengan salep yang banyak dijual di pasaran?

Jawaban:

Wa’alaikumussalaam warahmatullaahi wabarokaatuh.

Terima kasih atas pertanyaan yang diberikan kepada kami.

Kutu air atau tinea pedis merupakan infeksi jamur dermatofit di daerah kaki. Infeksi jamur tersebut dapat ditemukan dalam 4 bentuk, yakni:

  • Hiperkeratosis kronik (kaki tampak sangat kering, bersisik, biasanya di daerah telapak kaki)
  • Intertriginosa kronik (tampak di sela jari kaki dan sedikit di dasar jari, berupa daerah bersisik, membasah, dan merah. Terkadang nyeri dan menimbulkan bau tak sedap)
  • Ulseratif akut (tampak di daerah sela jari meski kadang meluas, berupa luka yang basah dan kadag diikuti infeksi sekunder oleh bakteri)
  • Vesikobulosa (juga di sela jari, berupa bagian menggembung berisi air yang awalnya kecil, namun lama kelamaan membesar)

Tinea pedis dapat diobati dengan obat anti jamur topikal (oles), seperti krim yang mengandung mikonazol, meskipun kadang masih kambuh. Pada kasus yang berat dan kronis, dibutuhkan obat anti jamur oral dalam jangka waktu lama, yang sebaiknya digunakan dengan petunjuk dan pengawasan dokter. Selain itu, menjaga agar kaki tetap kering dengan rutin mengeringkannya bila berkeringat, sering mengganti kaos kaki, menggunakan alas kaki terbuka jika memungkinkan, maupun menggunakan bahan yang membantu menjaga kaki tetap kering seperti bedak anti jamur atau larutan perendam juga dapat dilakukan untuk mempercepat penyembuhan dan mencegah kekambuhan. Untuk obat salep yang banyak dijual di pasaran, sebaiknya perhatikan bahan aktifnya, tanggal kadaluarsa, dan perizinannya. Jika memang ragu, sebaiknya belilah obat di apotik yang terpercaya.

Semoga bermanfaat.

Dijawab dr Hafidz (Pembina rubrik kesehatan Konsultasisyariah.com)

Anda bisa membaca artikel ini melalui aplikasi Tanya Ustadz untuk Android.
Download Sekarang !!

KonsultasiSyariah.com didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial