Keluar Setitik Cairan Kental dari Kelamin

2975
keluar cairan

Keluar Cairan dari Kelamin

Assalamualaikum dok, Sy wahyu, laki-laki usia 20thn. Dok, yg sy ingin tanyakan. Sekitar 6bulan yang lalu saya pernah mengalami kencing nanah. Dan saya tangani dengan cara pengobatan pergi ke klinik, dan saya di beri obat dan di suntik , yg pertama nama obatnya ciprofloxacin, dan obat yg ke2 itu sy lupa tp sy tanya d apotek katanya obat yang ke2 itu obat anti alergi, setelah itu juga sy beli obat2 herbal yg ada pada jualan online d internet. Sekarang kencing nanah sy tidak ada lagi. Dan saat kencing juga tdk terasa sakit. Tapi dok, masalahnya yaitu dri kemaluan sy sering keluar cairan bening seperti percum. Dia keluar tdk terasa apa apa dan tidak banyak. Mohon sarannya dok, Dan mohon maaf jika ada kata2 yg kurang baik d pertanyaan saya.

Terima kasih.
Assalamualaikum.

Jawaban:

Wa’alaikumussalaam warahmatullaahi wabarokaatuh.

Terima kasih atas pertanyaan yang diberikan kepada kami.

Keluarnya cairan (discharge) melalui penis, baik berupa nanah, darah, cairan keruh, atau bening, dengan maupun tanpa keluhan lainnya seperti : nyeri saat berkemih, keinginan berkemih yang meningkat, frekuensi berkemih di malam hari yang meningkat, kemerahan (rash) di sekitar organ genital, atau pembesaran nodus limfe di daerah selangkangan, memerlukan pemeriksaan lebih lanjut karena kemungkinan merupakan tanda infeksi, khususnya penyakit yang ditularkan melalui hubungan seksual (sexually transmitted disease). Meskipun sebelumnya sudah pernah mendapatkan terapi, namun tidak menutup kemungkinan gejala yang ada adalah jenis infeksi yang berbeda (uretritis non spesifik). Uretritis non spesifik adalah peradangan pada uretra oleh organisme selain Neisseria gonorhoeae. Meskipun dikategorikan sebagai STD, tidak semua kasus uretritis non spesifik terjadi akibat adanya kontak seksual.

Saran kami, sebaiknya Saudara memeriksakan diri kembali ke klinik, lebih baik lagi ke klinik yang memiliki fasilitas diagnosis STD sehingga pemeriksaan spesimen dapat segera dilakukan. Jika memang terbukti ada infeksi, dokter akan meresepkan antibiotik yang sesuai, semisal doxycycline atau azithromycin. Pemeriksaan ini penting untuk dilakukan, untuk mencegah komplikasi lebih lanjut dari uretritis yang tidak ditangani dengan baik, yaitu peradangan pada epididimis dan infertilitas.

Semoga bermanfaat.

Dijawab oleh dr Hafidz (Pembina Rubrik Kesehatan Konsultasisyariah.com)

Anda bisa membaca artikel ini melalui aplikasi Tanya Ustadz untuk Android.
Download Sekarang !!

KonsultasiSyariah.com didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial