Mengapa Terjadi Kedutan Mata?

Penyebab Kedutan Mata

Assalamualaikum..
Ykh dokter.. Mata saya sudah satu minggu ini mengalami kedutan di bawah kelopak mata sebelah kanan. Berawal kedutan setelah saya potong rambut di mana setelah cukur rambut ada bonus pijat dari kepala dan sampai muka. kedutan ini lama kelamaan membuat pipi sebelah kanan saya terasa perih (terasa sakit kepala sebelah kanan) dan dari hidung keluar ingus yg disebelah kanan saja. Mohon solusinya dari dokter. Wassalam.

Jawaban:

Kedutan atau blepharospasme (dalam istilah medisnya) sebenarnya adalah kontraksi otot yang tidak terkontrol atau tidak teratur sehingga menyebabkan terjadi kontraksi tidak beraturan juga di sekitar mata. Inilah yang dirasakan orang sebagai kedutan. Kedutan ini berlangsung sebentar saja, hanya beberapa detik atau menit. Datang sesekali atau beberapa kali secara beruntun. Bisa terjadi dalam sehari saja atau dalam beberapa hari.

Kedutan ini secara langsung tidak berbahaya atau bukanlan sejenis penyakit yang membahayakan. Sehingga tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Kedutan juga tidak mempengaruhi penglihatan atau bisa membuat kualitas penglihatan menurun. Kedutan bisa terjadi pada semua usia dan tidak hanya pada usia tertentu saja.

Hanya saja kedutan bisa dianggap berbahaya jika terjadi sangat sering dan terus-menerus tanpa terkontrol karena dimungkinkan ada gangguan saraf yang serius yang dikhawatirkan gangguan tersebut menetap dan tidak bisa diobati lagi jika terlalu lama dibiarkan.
Apa yang tejadi pada Anda bukan karena pemijatan ketika selesai memotong rambut. Karena kedutan secara medis memiliki beberapa penyebab, antara lain:

  • Mata terlalu tegang, misalnya terlalu lama di depan komputer atau pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi mata yang lebih dan lama.
  • Stress bisa menyebabkan kepala dan otot sekitar mata menjadi tegang sehingga mata kelelahan.
  • Kurang tidur dan kelelahan. Mata juga butuh istirahat, jelas bahwa kurang tidur membuat mata kekurangan waktu untuk beristirahat.
  • Iritasi dan gannguan pada mata. Mata kering dan alergi bisa membuat mata menjadi kedutan.
  • Minum Kafein dan alkohol berlebihan bisa menyebabkan aliran darah meningkat berlebih pada mata.
  • Gangguan saraf  yaitu gangguan saraf motorik ke-7 yang mempersaraf mata.

Kami sarankan anda, coba menghindari penyebab dan banyak istirahat. Jika masih berlanjut anda bisa berkonsultasi ke dokter saraf.

*Catatan penting terkait kedutan bahwa dalam agama Islam tidak boleh mengkaitkan kedutan mata dengan kejadian-kejadian tertentu atau akan terjadi ini dan itu. Karena itu tidak ada kaitan sama sekali. Ini bertentangan dengan aqidah kita dan bisa menjerumuskan seseorang dalam dosa kesyirikan yang merupakan larangan terbesar dalam Islam.

Dijawab oleh dr. Raehanul Bahraen (Pengasuh Kesehatan KonsultasiSyariah.com)

Anda bisa membaca artikel ini melalui aplikasi Tanya Ustadz untuk Android.
Download Sekarang !!

KonsultasiSyariah.com didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial