Bengkak Di Kepala Bayi Akibat Goresan Tangan Ibunya

2381
kesehatan bayi dan ibu hamil

Bengkak Di Kepala Bayi

Assalamu’alaikum…

Dok ana mau bertanya, anak teman saya mengalami bengkak di kepalanya akibat terkena garisan kuku ibunya ketika waktu dimandikan,namun kepala bayinya tidak terluka. Usia bayi tersebut baru sebulan,dan bengkak yg di alami bayi tersebut tidak membuatnya merasa kesakitan,hanya saja sudah 2 minggu terakhir ini bengkaknya belum juga turun. teman saya sudah mengkonsultasikan hal tersebut dengan dokter dan kata dokter agar dia mengobati bengkak tersebut dengan alkohol 75%. bagaimana cara mengobatinya Dok,mohon bantuannya.

Jazakallahu khoiran.

Jawaban:

Wa’alaikumussalaam warahmatullaahi wabarokaatuh.

Bengkak pada kepala bayi seperti yang disebutkan kemungkinan merupakan suatu memar akibat pendarahan lokal. Kepala bayi masih lunak dan kaya akan pembuluh darah, sehingga cedera ringan saja dapat menyebabkan pendarahan ringan hingga berat. Pendarahan yang serius biasanya ditandai dengan keluhan anak rewel, lemas, malas menyusu. Pendarahan yang ringan tanpa luka terbuka biasanya hanya ditandai dengan memar sedangkan perilaku anak tetap seperti biasa, mungkin sedikit rewel namun mudah ditenangkan. Memar akibat pendarahan tersebut membutuhkan waktu cukup lama untuk mengempis, yakni ketika seluruh darah telah terserap kembali oleh tubuh. Bisa memakan waktu beberapa minggu. Pada masa penyembuhan ini, jika bayi tidak menunjukkan gejala pendarahan bertambah luas, atau perubahan perilaku seperti rewel dan malas menyusu, sebaiknya memar tidak perlu diberikan perlakuan apapun, namun tetap diperhatikan untuk memastikan memar tidak bertambah parah. Sebaliknya, jika muncul gejala seperti diatas, sebaiknya bayi segera diperiksakan ke dokter anak untuk mendapat kan perawatan lanjutan.

Dijawab oleh dr. Hafids (Pengasuh rubrik kesehatan Konsultasisyariah.com)

Anda bisa membaca artikel ini melalui aplikasi Tanya Ustadz untuk Android.
Download Sekarang !!

KonsultasiSyariah.com didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial
SHARE
Previous articleSekelumit tentang Kanker Serviks
Next articleAnak Terkena Jantung Bocor
dr. Hafidz, salah satu pembina konsultasi kesehatan di situs KonsultasiSyariah.com Beliau adalah alumni fakultas kedokteran UGM, dan saat ini sedang menyelesaikan Pendidikan Dokter Spesialis jantung dan pembuluh darah.