Makan Mie Instan Merusak Kesehatan?

4001
makan mie instan

Makan Mie Instan

Bismillah. Ustadz dokter, apa benar makan mie instan bisa mengganggu kesehatan? Saya belum pernah dengar tentang ini kecuali dari orang-orang tua zaman dahulu.

via Tanya Ustadz for Android

Jawaban:

Terima kasih atas pertanyaan yang diberikan kepada kami.

Ada dua pertimbangan utama dalam menilai konsumsi mie instan dari sudut pandang kesehatan:

1. Mie instan utamanya mengandung karbohidrat dan lemak, dengan sedikit protein, serat dan vitamin, serta kadar natrium (garam) yang cukup tinggi. Konsumsi karbohidrat dalam jumlah berlebih pada akhirnya akan diubah menjadi lemak dalam tubuh, sehingga meningkatkan berat badan. Belum lagi jika mie dikonsumsi bersama nasi sebagai makanan pokok di negara kita. Meskipun penambahan sayuran dapat menambah gizi, namun tidak dapat menetralisir dampak kelebihan karbohidrat. Kadar garam yang cukup tinggi dibanding rekomendasi garam harian juga menjadi pertimbangan serius, mengingat dalam setiap harinya, konsumsi garam tentu tidak hanya berasal dari mie instan saja.

2. Adanya penyedap rasa atau monosodium glutamat (MSG) juga menjadi perhatian banyak kalangan. Meskipun pada dasarnya MSG dikategorikan sebagai zat yang aman dikonsumsi dalam batas normal, sebagaimana dalam sebungkus mie instan, sejumlah orang mengeluhkan gangguan seperti pusing, mual, muntah jika mengkonsumsi MSG.

Berdasarkan dua poin diatas, dapat kita simpulkan bahwa konsumsi mie instan dalam jumlah sedikit, dan hanya sewaktu-waktu, misalnya 2-3 hari sekali, masih aman bagi kesehatan, kecuali bagi mereka yang tidak dapat mentolerir MSG. Tentunya dengan menimbang asupan makanan dan minuman lain disamping mie tersebut. Lebih baik lagi jika Saudara lebih mengutamakan konsumsi makanan segar dibanding sajian instan.

Semoga bermanfaat.

Dijawab oleh dr Hafidz (Pengasuh Rubrik Kesehatan Konsultasisyariah.com)

Anda bisa membaca artikel ini melalui aplikasi Tanya Ustadz untuk Android.
Download Sekarang !!

KonsultasiSyariah.com didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial