Mani Bercampur Darah, Berbahayakah?

3166
sperma berdarah

Obat Mani Bercampur Darah

Assalamu’alaikum
mani saya pernah bercampur darah dua kali dok, berbahaya atau tidak ..?? lalu beresiko tidak jika saya berhubungan intim dengan istri, dan kalau ada obatnya apa ..?? wassalam

Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullaahi wabarokaatuh.

Terima kasih atas pertanyaan yang diberikan kepada kami.

Mani bercampur darah atau hematospermia pada dasarnya adalah kondisi yang sering ditemukan pada pria dan biasanya bersifat ringan, khususnya pada pria berusia dibawah 40 tahun. Penyebab tersering adalah peradangan ringan di vas deferens atau prostat yang akan membaik dengan sendirinya, dan gejala cenderung membaik dalam 1-2 bulan tanpa pengobatan spesifik.

Berat hematospermia dipengaruhi oleh tiga faktor:

  • Usia penderita
  • Lama dan Frekuensi episode hematospermia, juga berulang atau tidaknya
  • Adanya gejala penyerta atau tidak

Semakin tua usia penderita, atau semakin sering mengalaminya, atau disertai gejala lain seperti nyeri dan hematuria, batuk, atau penurunan berat badan, meningkatkan kewaspadaan akan adanya penyebab yang lebih serius, seperti infeksi saluran kemih, atau keganasan.

Untuk kondisi Saudara, jika dipastikan penyebabnya bukan infeksi saluran kemih (disertai gejala penyerta seperti nyeri atau sering berkemih/ingin berkemih namun tidak tuntas) maka tidak mengapa berhubungan dengan istri. Tidak diperlukan pengobatan khusus, kecuali jika didapatkan bukti infeksi yang nyata, maka bisa diobati menggunakan antibiotik yang tepat sesuai saran dokter yang memeriksa Saudara.

Dijawab oleh dr. Hafidz (Pengasuh Rubrik Kesehatan Konsultasisyariah.com)

Anda bisa membaca artikel ini melalui aplikasi Tanya Ustadz untuk Android.
Download Sekarang !!

KonsultasiSyariah.com didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial
SHARE
Previous articleEfek Mandi Air Es
Next articleRamuan Pupuk Bayi
dr. Hafidz, salah satu pembina konsultasi kesehatan di situs KonsultasiSyariah.com Beliau adalah alumni fakultas kedokteran UGM, dan saat ini sedang menyelesaikan Pendidikan Dokter Spesialis jantung dan pembuluh darah.