Anak Batuk Dan Sesak Napas Sejak Bayi

sakit asma pada anak

Bayi Batuk dan Sesak Nafas

Pertanyaan:

Assalamuallaikum wr.wb
Saya mau tanya mengenai anak perempuan saya yang bungsu dgn usia nya sekarang sudah 6 tahun lebih. Sejak bayi memang ada gangguan di pernafasan nya dan sdh di obati dgn cara diuap sesuai anjuran dokter. Namun selama pengobatan beberapa kali hasilnya hilang sesaat dan timbul lagi. Sempat hilang pada usia 4 tahun – 5 tahun dan ketika masuk usia 6 tahun ini batuk timbul. tp ntuk nya tdk sering nmun sekali btuk mengeluarkan dahak yg kental sperti org dewasa dan berwarna hijau. yang ingin saya pertanyakan kenapa dan obatnya apa. Secara fisik anak saya hari-harinya terlihat sehat dan lincah.

Dari Ibu Erlin

Jawaban:

Wa’alaikumussalam,

Dari paparan anda,anak sering di uap berarti anak anda ada penyakit asma. Terapi uap adalah terapi nebulizer, pertolongan pertama bagi mereka yang sesak napas. Penyebab sesak napas cukup banyak misalnya saja:

  1. Alergi pemicu sesak.
  2. Ada penyakit yang mendasari seperti bronchitis

Akan tetapi ada juga penyakit yang mirip dengan gejala asma pada bayi, padahal sejatinya bukan penyakit asma. Orang tua yang belum punya basic ilmu medis akan mengira anaknya terkena asma, misalnya:

  • Brochiolitis akut
  • Tracheomalacia
  • Cystic fibrosis
  • Habit-Cough Syndrome
  • Vocal Cord Disfunction
  • Serangan Hiperventilasi

Mengingat penyakit ini terjadi sejak bayi, maka dipertimbangkan juga kemungkinan terkena pneumonia sejak bayi. Maka gejalanya aka timbul secara perlahan-lahan dan akan tampak jelas ketika semakin besar. Pneumonia ini bidsa disebabkan oleh bakteri, jamur atau virus.

Gejalanya secara umum adalah: demam, batuk, sesak napas, serta napas dan nadi cepat. Ditambah lagi dengan pemeriksaan laboratorium yang mendukung semisal adanya bakteri atau jamur pada sputum atau dominasi netrofil pada infeksi bakteri.

Kami sarankan anda memeriksakan anak anada ke dokter spesialis anak. Sehingga bisa didiagnosa dengan pasti dan mendapatkan terapi yang tepat

Dijawab oleh dr. Raehanul Bahraen (Pengasuh rubrik kesehatan Konsultasisyariah.com)

Anda bisa membaca artikel ini melalui aplikasi Tanya Ustadz untuk Android.
Download Sekarang !!

KonsultasiSyariah.com didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial